Exploring Artificial Intelligence for Physics Learning in Indonesia: A Scoping Review
Sari
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
A. Samastha and S. E. Nugroho, “Pengembangan Media Pembelajaran Terintegrasi Artificial Intelligence Natural Language Processing Berbasis Mobile dengan Framework Flutter pada Materi Energi Terbarukan,” Unnes Phys. Educ. J., vol. 14, no. 1, pp. 101–116, 2025, doi: https://doi.org/10.15294/upej.v14i1.24630.
D. E. C. Wardhana, S. Sarwono, D. Yulistio, A. Subakti, and Jamaludin, “Implementasi AI dalam Proses Pembelajaran di Perguruan Tinggi : Studi Kasus Penggunaan AI di Prodi Ilmu Fisika,” Fundam. J. Pengabdi. Multidisiplin, vol. 2, no. 2, pp. 24–34, 2024, doi: https://doi.org/10.62383/fundamentum.v2i2.124.
R. Andriyeni and S. Zakir, “Analisis Penggunaan Artificial Intelligence dalam Pemahaman Pembelajaran Fisika di SMAN 1 Ampek Angkek,” J. Ilm. Res. Student, vol. 1, no. 2, pp. 501–507, 2023, doi: https://doi.org/10.61722/jirs.v1i2.364.
M. Afiliyani, Maryono, and Firdaus, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Artificial Intelligence (AI) ‘Chatbot’ Melalui Pemahaman Etnosains pada Pembelajaran Fisika Suhu dan Kalor Untuk Meningkatkan Kemandirian Siswa,” J. Lingk. Pembelajaran Inov., vol. 5, no. 6, pp. 118–125, 2024, [Online]. Available: https://ojs.co.id/1/index.php/jlpi/article/view/1415
D. Nurhuda, S. A. Kumala, and F. Widiyatun, “Analisis Kecerdasan Buatan ChatGPT dalam Penyelesaian Soal Fisika Bergambar pada Materi Resistor,” J. Lumin. Ris. Ilm. Pendidik. Fis., vol. 4, no. 2, pp. 62–70, 2023, doi: https://doi.org/10.31851/luminous.v4i2.12232.
Widiasih, Zakirman, J. Firmansyah, R. Aprianti, K. Nadiyyah, and R. S. Handayani, “Peningkatan Kompetensi Guru Fisika SMA Provinsi Banten Melalui Pelatihan Pemanfaatan Artificial intelligence ( AI ) Dalam Pembelajaran,” KALANDRA J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 2, pp. 60–76, 2025, doi: https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v4i2.502.
H. Hartati and M. D. M. Nur, “Pemanfaatan Kecerdasan Buatan Google Bard dalam Perencanaan Pembelajaran Fisika,” in Kajian Islam dan Integrasi Ilmu di Era Society 5.0 (KIIIES 5.0), Palu: Pascasarjana Universitas Islam Negeri Datokarama, 2024, pp. 212–218. [Online]. Available: https://jurnal.uindatokarama.ac.id/index.php/kiiies50/issue/view/173
P. Delpia, S. Hadiati, and Eti Sukadi, “Analisis Bibliometrik Perkembangan Penelitian Artificial Intelligence, Augmented Reality dan Virtual Reality di Bidang Pendidikan Fisika,” in Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series, Solo: Universitas Sebelas Maret, 2024, pp. 2208–2213. doi: https://doi.org/10.20961/shes.v7i3.92662.
R. Widiasih, R. D. Susanti, C. W. M. Sari, and S. Hendrawati, “Menyusun Protokol Penelitian dengan Pendekatan SETPRO: Scoping Review,” J. Nurs. Care, vol. 3, no. 3, pp. 171–180, 2020, doi: https://doi.org/10.24198/jnc.v3i3.28831.
W. Gontina and R. Asyhar, “Dampak Artificial Intelligence terhadap Pembelajaran IPA/Fisika di Sekolah,” Silampari J. Pendidik. Ilmu Fis., vol. 5, no. 2, pp. 238–250, 2023, doi: https://doi.org/10.31540/sjpif.v5i2.2609.
DOI: https://doi.org/10.33387/saintifik.v10i1.10037
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Editorial Office:
Sultan Baabullah Airport Street, Campus-1 Universitas Khairun
Akehuda sub-district, North Ternate district, Ternate City 97728
Contact: saintifika@unkhair.ac.id
+62 857 3577 5015 (Aji Saputra, M.Pd)
+62 823 6233 7804 (Hutri Handayani Isra, M.Pd)