ANALISIS AKTIVITAS BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII-8 SMP NEGERI 257 JAKARTA
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar, dan untuk mengetahui berapa besar hubungan aktifitas belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII-8 SMP Negeri 257 Jakarta, DKI Jakarta yang berjumlah 35 siswa. Hasil penelitian dari hasil perhitungan koefisien korelasi diperoleh harga r sebesar 0,04 dan harga koefosien determinasi  r2 sebesar 0,0016 atau 0,016 persen. Hal ini  menunjukkan bahwa sebesar 0,16 persen variasi yang terjadi pada variabel Y (hasil belajar) dapat dipengaruhi oleh variabel X (aktivitas belajar). Melalui pengujian keberartian koeefisien korelasi diperoleh harga thitung sebesar 0,23 dan harga ttabel dari daftar distribusi diperoleh ttabel sebesar 2,75. Dibandingkan kedua harga t tersebut antara thitung dengan ttabel diperoleh bahwa thitung lebih kecil dari ttabel atau 0,23 <2,75. Ini berarti bahwa terdapat hubungan yang berarti antara aktivitas belajar (X) dan Hasil belajar (Y) siswa kelas VII-8 SMP Negeri 257 Jakarta.
Kata Kunci:Â Aktivitas Belajar, Hasil Belajar Matematika
Teks Lengkap:
Hal. 64-73DOI: https://doi.org/10.33387/saintifik.v3i2.1134
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Editorial Office:
Jl. Bandara Sultan Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun
Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728
INDEXED ON