EVALUASI KINERJA GURU SMA NEGERI 3, SMA NEGERI 4 DAN SMA NEGERI 7 KOTA TERNATE PROVINSI MALUKU UTARA

Irianto M Ali

Sari


Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui  pelaksanaan evaluasi kinerja guru SMA Negri 3, SMA Negeri  4 dan  SMA Negeri 7 Kota Ternate Propinsi Maluku Utara; 2) Mengetahui presipsi guru SMA Negeri 3,SMANegeri  4 dan SMA Negri 7 Kota Ternate Provinsi Maluku Utara terhadap hasil evaluasi yang sudah dilakukan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data mengunakan observasi,wawancara mendalam dan studi dokumen. Teknik pengelolaan data yaitu analisis data, penyajian data dan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan evaluasi telah dilaksanakan sesuai dengan baik serta persepsi gurunya secara umum mengatakan proses evaluasi kinerja gurunya telah berjalan sesuai yang di harapkan dan memuaskan.

 

Kata Kunci: Evaluasi kinerja guru


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Affandi. (2012), Upaya Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Universitas Pendidikan Indonesia ; Jurnal Turats, Vol. 5, No. 2, juli 2012

Aminah, (2012), Pembinaan Kompetensi Profesional Guru. Universitas Syiah Kuala Banda Aceh; Jurnal Administrasi Pendidikan. Volume 1, No. 1, Agustus 2012

Arikunto, Suharsimi. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta, Bumi Aksara, 2001

Ariyanti. (2012), Pengendalian Kinerja. Universitas Negri makasar; Jurnal Administrasi Pendidikan. Volume 2, No. 1,September 2012

Astuti, M. (2013), Impelementasi Kompotensi Profesional Guru Sebagai Usaha Mendorong Pengembangan Peserta Didik. Universitas Negri Malang; Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan. Volume 1.No.2 Juli 2013

Azis, A. (2014), Kompetensi Guru Dalam Penggunaan Media Dengan Mutu Pembelajaran. STKIP PGRI Sumenep; Jurnal Kompetensi Guru,Volume 5, No.1, Januari 2014

Azra, A. (2012), Evaluasi Kinerja Guru: Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Dedi & Ibrahim. (2010), Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung: Alfabeta

Depdiknas. Instrumen Penilaian Kinerja Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta,

Dirjen Dikdasmen:2005

Dharmayana, I, W. (2012).Keterlibatan Siswa (Student Engagement) sebagai Mediator Kompetensi.Universitas Bengkulu; Jurnal Psikologi,Volume 39, No.1 Juni 2012

Fasli, S. (2010). Pengelolaan Pendidkan. Yogyakarta: Multi Pressindo

Fahri, (2012), Analisis Kinerja Guru. Universitas Negri Jakarta; Jurnal Pengembangan Pendidikan.Volume 4.No.3 Mei 2012

Futiati. (2012). Profesionalisme Kinerja Guru. Universitas Negri Islam Malang; Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan.Volume 1.No.3 Juni 2012

Hamalik, O. (2011). Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, Jakarta: Bumi Aksara.

Kunandar, (2011). Guru Profesional; Implementasi KTSP dan Sukses dalam Sertifikasi Guru, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Majid, (2009). Aspek-Aspek Yang di Miliki Guru Dalam Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Majia,(2010). Evaluasi Kinerja Guru Profesional, Jakarta: Bumi Aksara.

Martoyo. (2013), Kompetensi Kinerja Guru. Universitas Negeri Gorontalo; Jurnal Penelitian dan Pendidikan,Volume 3,No 2.Januari 2013

Marzuki, (2012), Sertifikasi Guru.; Tesis Pascasarjana, Magister Pendidikan, Universitas Gresik

Murtadlo (2012),Peningkatan Kinerja Guru Sekolah Luar Biasa melalui supervisi kelompok, Disertasi, Malang, Program Pasca Sarjana, Universitas Negeri Malang: 2012

Mulyadi. A. (2011). Kontribusi Kompetensi Pedagogik dan Iklim Organisasi terhadap Kinerja Guru. Universitas Negri Makasar; Jurnal Turats, Vol. 7, No. 2, Agustus 2011

Nunung (2010), Perencanaan Kinerja Guru. Negri Semarang; Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan,Volume 9, No.2 febuari 2010

Payu (2011).Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru.Universitas Negeri Gorontalo; Jurnal Penelitian dan Pendidikan,Volume 8,No 1.Maret 2011

Purjanto, (2011). Analisis Kebijakan Peningkatan Kompotensi Profesional Guru,Tesis Magister MKPP UMM

Retnowati. (2011), Peningkatkan Kompetensi dan Kinerja Guru. Profesionalisme Guru dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa, Jurnal Kependidikan dan Kemasyarakatan: STAIN Ponorogo, Vol. 3,2011

Rudiyati, S. (2012). Substansi Komponen Kompetensi Guru.Universitas Negri Yogyakarta; Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan,Volume 16, No.2 Mei 2012

Salim. A, (2012). Meletakkan Kompetensi Dan Profesionalisme Guru PAI Dalam Konteks Sertifikasi.Universitas STIA Alma Ata Yogyakarta; Jurnal Pendidikan Program Studi PAI. Volume. 18, No. 1, Febuari 2012

Setiawati, (2012). Instrumen dalam Penilitian Kualitatif. Metodologi Penelitian Pendidikan. Banda Aceh : ar-Rijal Institut.




DOI: https://doi.org/10.33387/saintifik.v5i1.3638

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office:

Jl. Bandara Sultan Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun

Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728

INDEXED ON

 Â  Â