ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT

Ridwan Ridwan, Yahya Hairun

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan-kesalahan dan jenis- jenis kesalahan siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kota Ternate dalam menyelesaikan soal matematika pada materi operasi hitung bilangan bulat. Dalam penelitian ini terpilih subjek penelitian sebanyak 5 siswa yang ditentukan berdasarkan hasil tes. Siswa yang terpilih sebagai subjek penelitan tersebut adalah siswa yang memperoleh kategori rendah dan sangat rendah. Data dikumpulkan dengan metode tes dan wawancara. Tes digunakan untuk menganalisis kesalahan siswa dan wawancara digunakan untuk menelusuri jenis kesalahan siswa secara mendalam. Metode analisis data yang digunakan adalah kualitatif.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat 3 siswa (15%) mencapai kesalahan dengan kategori tinggi, 4 siswa (20%) mencapai kesalahan dengan kategori sedang, 4 siswa (20%) mencapai kesalahan dengan kategori rendah dan 9 siswa (45%) mencapai kesalahan dengan kategori sangat rendah dalam menyelesaikan soal pada materi operasi hitung bilangan bulat. Berdasarkan hasil kerjanya, subjek tersebut salah menuliskan symbol dari objek kata yang digunakan atau tidak menuliskan symbol bilangan dalam menyelesaikan soal (kesalahan fakta), salah mengklasifikasikan dan tidak memahami bagian-bagian dari suatu operasi bilangan serta menuliskannya (kesalahan konsep), salah menggunakan model atau aturan matematika dalam menyelesaikan soal (kesalahan prinsip) dan salah dalam melakukan perhitungan (kesalahan operasi), terhadap permasalahan pada soal operasi hitung bilangan bulat. Kesalahan yang dilakukan siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kota Ternate dalam menyelesaikan soal matematika pada materi operasi hitung bilangan bulat yaitu meliputi: 1) kesalahan fakta yang dilakukan oleh SP-12 butir soal 1d dan SP-14 untuk butir soal 1c dengan kesalahan yaitu, salah menuliskan simbol dari objek kata yang digunakan atau tidak menuliskan simbol bilangan dalam menyelesaikan soal. 2) kesalahan konsep yang dilakukan oleh SP-12 butir soal 2 dan 3, SP-14 butir soal 3, SP-18 butir soal 3 dan SP-6 untuk butir soal 1a, 1b, 1c dan 1d dengan kesalahan yaitu, salah mengklafikasikan dan tidak memahami bagian-bagian dari suatu operasi bilangan serta menuliskannya. 3) kesalahan prinsip yang dilakukan oleh SP-18 untuk butir soal 1d dengan kesalahan yaitu, salah menggunakan model matematika atau aturan dalam menyelesaikan soal. 4) dengan kesalahan yaitu, salah menggunakan model matematika atau aturan dalam menyelesaikan soal. 4) kesalahan operasi yang dilakukan oleh SP-4 butir soal 1c dan SP-18 untuk butir soal 1c dengan kesalahan yaitu, salah dalam melakukan perhitungan.

 

Kata Kunci : Analisis kesalahan, jenis kesalahan, operasi hitung bilangan bulat.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. 1992. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Adenia, W.O. 2019. Berpikir Reflektif Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Garis Singgung Lingkaran Berdasarkan Kemampuan Matematika. Skripsi, Universitas Khairun, Ternate.

Badaruddin, dkk. 2016. Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal-Soal Operasi Hitung Bilangan Pecahan pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Volume, 4 No. 2, 44.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas

Hairun, Yahya. 2020. Evaluasi Dan Penilaian Dalam Pembelajaran. Deepublish (Grup Penerbit CV Budi Utama)

Mulyono, A. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Raco, J.R. 2010. Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakter dan Keunggulannya. Jakarta: Grasindo.

Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: ALFABETA.

Syamsidah. 2012. 45 Permainan Matematika. Yogyakarta: Deepublish.




DOI: https://doi.org/10.33387/saintifik.v5i1.3639

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office:

Jl. Bandara Sultan Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun

Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728

INDEXED ON

 Â  Â