PENGEMBANGAN LABORATORIUM VIRTUAL BIOLOGI BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKATIF MAHASISWA

Nuraini Sirajudin, Joko Suratno, Pamuti Pamuti

Sari


Tujuan penelitian ini secara khusus adalah mengembangkan laboratorium virtual biologi berbasis STEM yang diharapkan meningkatkan kemampuan komunikatif mahasiswa. Metode penelitian menggunakan metode penelitian pengembangan. Penelitian ini merupakan Research and Development  (R & D). Prosedur penelitian meliputi tahapan One-to-one Evaluation (Evaluasi Satu-satu), Small Group Evaluation (Evaluasi Kelompok Kecil), dan Field Trial (Uji Coba Lapangan). Produk hasil penelitian berupa laboratorium virtual biologi dan instrumen komunikatif. Hasil uji coba alpha tentang kualitas produk diketahui bahwa produk yang dikembangkan memiliki kriteria sangat baik, hasil uji coba beta menunjukkan produk memiliki kriteria baik, dan hasil evaluasi sumatif memperlihatkan bahwa produk hasil pengembangan memiliki kriteria baik. Hasil evaluasi sumatif memperlihatkan bahwa produk yang dikembangkan dapat meningkatkan ketuntasan belajar mahasiswa dari kriteria rendah menuju kriteria tinggi. Terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan komunikasi antara mahasiswa yang diajar dengan produk hasil pengembangan dan mahasiswa yang diajar dengan pembelajaran tradisional. Produk penelitian dikembangkan hanya menampilkan salah satu kegiatan praktikum dan masih banyak kegiatan praktikum lain yang belum dibahas dan perlu dikembangkan. Selain itu, produk yang dikembangkan ini hanya diujicobakan di Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Khairun, sehingga masih mungkin dilakukan penelitian dan uji cobanya secara luas sehingga dapat dilihat efektifitas kemanfaatan produk ini secara luas.

 

Kata kunci: Laboratorium Virtual Biologi, Kemampuan Komunikasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afriana, J., Permatasari, A., & Fitriani, A. (2016). Penerapan Project Based Learning Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Ditinjau dari Gender . Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 202–212.

Borg, W. R., & Gall, M. . (1983). Educational research: An introduction. Longman Inc.

Brodie, K. (2010). Teaching mathematical reasoning in secondary school classrooms. Springer.

Cinar, S., Pirasa, N., Uzun, N., & Erlenler, S. (2016). The Effect of Stem Education on Pre-Service Science Teachers’ Perception of Interdisciplinary Education. Journal of Turkish Science Education, 13, 118–142.

Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2015). The Systematic Design of Instruction (8th ed.). Pearson.

Fawzia, N. (2017). Pengaruh Pembelajaran Berbasis STEM Terhadap Keterampilan Desain Produk pada Materi Ekosistem. Universitas Pendidikan Indonesia.

Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2003). Educational research: An introduction (7th ed.). : Pearson Education, Inc.

Gay, L. R. (1981). Educational research: Competencies for analysis & application (2nd ed.). Charles E. Merril Publishing Co.

Kennedy, T. J., & Odell, M. R. L. (2014). Engaging Students In STEM Education. Science Education International, 25(3), 246–258.

Mentari, W. (2019). Pengembangan Handout Berbasis STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Bioteknologi. Universitas Lampung.

Savin, M., & Major, C. H. (2004). Foundations of problem-based learning. Open University Press.

Sirajudin, N., Suratno, J., & Pamuti, P. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Mahasiswa Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA). Universitas Khairun.

Wahid, N. T. A., & Talib, O. (2017). Stem Integration in Classroom Practices among Biology Teachers in Mara Junior Science College. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 7(4).




DOI: https://doi.org/10.33387/saintifik.v5i2.3646

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office:

Jl. Bandara Sultan Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun

Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728

INDEXED ON

 Â  Â