MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) DIMASA KEBIASAAN BARU (NEW NORMAL)

Hery Suharna, Nurningsih Hi Abdullah

Sari


Beberapa waktu yang lalu dihadapkan pada suatu masa yaitu pandemi covid-19. Pada kondisi sangat berpengaruh terhadap pembelajaran di sekolah. (1) Masa pandemi merupakan mas sulit dalam pembelajaran matematika, (2) Peningkatan kemampuan berpikir matematika perlu mendapat perhatian, (3) Peningkatan kemampuan berpikir matematis merupakan tujuan utama pembelajaran, (4) Peran LMS untuk meningkatkan kemampuan berpikir matematis dalam pembelajaran matematika; dan (5) Kebiasaan baru (new normal) merupakan transisi dalam meningkatkan kemampuan berpikir matematis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mempelajari dan mengkaji tentang meningkatkan berpikir matematis melalui pembelajaran learning management system (LMS) dimasa kebisaan baru (new normal) atau berkaitan dengan penelitian ini melalui karya ilmiah yang termuat dalam jurnal yang berkaitan dengan buku-buku teks penunjang, studi literatur, buku, artikel, jurnal, dll. Hasil penelitian diperoleh (1) LMS merupakan salah satu solusi dalam meningkatkan kemampuan berpikir matematis, (2) Meningkatkan kemampuan berpikir matematis merupakan tujuan utama dalam pembelajaran matematika, (3) Meningkatkan kemampuan berpikir matematis dengan cara mempertahankan Rutinitas Harian yang Terstruktur, dan (4) Meningkatkan kemampuan berpikir matematis dengan manfaatkan sumber daya LMS dengan kreativitas yang dimiliki oleh pengajar.

 

Kata Kunci: Kemampuan Berpikir, LMS, dan New Normal


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Suharna, Hery. (2020) “Kemampuan Berpikir 4C Matematika dalam Pembelajaran di Masa Covid-19 Terutama Di Era New Normal†Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 9 No. 2.

Suharna, Hery. (2012) "Berpikir reflektif (reflective thinking) siswa SD berkemampuan matematika tinggi dalam pemahaman masalah pecahan." Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, P (41).

Suharna, Hery. (2015) "Berpikir Reflektif Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika." Disertasi dan Tesis Program Pascasarjana UM .

Amiroh, (2013) Antara Schoologi, Moddle dan Edmodo.Retrieved from http://amiroh.web.id/antara- moodle-edmodo-dan-schoology/.

Sunardi, "Development of 4C’s Indicaturs That A ligned with Curriculum 2013 on The Mathenatics Subject of The Grade Junior High School," Proseding International Seminar on Mathematics, Science, and Computer Science. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, (2017).

Murtiyasa, B., "Tantangan Pembelajaran Matematika Era Global," Proseding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UMS. Surakarta: Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surakarta, (2015).

Rusman, & Deni Kurniawan & Cepi Rivana. 2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: RajaGrafindo Persada. (2011).

Marlina, dkk., 4c dalam Pembelajaran MatematikaUntuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0., ProsidingSendika: Vol 5, No 1, (2019).




DOI: https://doi.org/10.33387/saintifik.v5i2.3647

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office:

Jl. Bandara Sultan Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun

Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728

INDEXED ON

 Â  Â