PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CCDRS (CONDITION, CONSTRUCTION, DIVILOPMENT, SIMULATION, REFFLECTION) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA PADA KONSEP LIKUIFAKSI

La Darman, Iqbal Limatahu, Rahim Achmad

Sari


Penerapan model pembelajaran CCDSR (condition, construction, development, simulation, reflection) untuk meningkatkan keterampilan proses sains (KPS) mahasiswa pada konsep likuifaksi. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian eksperimen semu (quasy eksperiment). One grup pretest-posttest (tes awal-tes akhir pada kelompok tunggal) yang diterapkan pada 30 orang mahasiswa semester I tahun ajaran 2020/2021 Program Studi Pendidikan fisika FKIP Universitas Khairun yang tersebar di dua kelas A dan kelas B. Masing-masing kelas diberikan perlakuan yang sama. Penerapan model pembelajaran CCDSR menunjukkan bahwa KPS mahasiswa pada kelas A dengan skor perolehan tertinggi  3,00 dengan nilai 77,14% berada pada kriteria tinggi, dan memiliki skor terendah 2,11 dengan nilai 61,29% berada pada kategori sedang, dengan nilai rata-rata N-Gain 0,53 dengan kriteria sedang. Penerapan model pembelajaran CCDSR pada kelas B memberikan dampak peningkatan pada KPS siswa dengan skor perolehan tertinggi 3,22 dengan nilai 74,36% berada pada kriteria tinggi, dan memiliki skor terendah 2,11 dengan nilai 65,52% berada pada kategori sedang, dengan nilai rata-rata N-Gain 0,54 dengan kriteria sedang. Mahasiswa memberikan respon positif terhadap model pembelajaran CCDSR dengan nilai rata-rata 80,1% dengan kategori sangat kuat dan 81,7% untuk kelas B dengan kategori sangat kuat Implikasi penelitian ini adalah model pembelajaran CCDSR dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada mahasiswa strata satu.

 

Kata Kunci: model pembelajaran CCDSR, keterampilan proses sains

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arends, R.I. (2012). Learning to teach. New York: McGraw-Hill Companies.

Limatahu, I., Suyanto, Wasis, & Prahani, B.K. (2018). The effectiveness of CCDSR learning model to improve skills of creating lesson plan and worksheet science process skills (SPS) for pre-service physics teacher. Journal Physics: Conference Series, 997(1), 1-6.

Limatahu I., Suyatno, Wasis, &Prahani, B.K. (2018). The effectiveness of CCDSR learning model toimprove skills of creating lesson plan and worksheet science process skills (SPS) for pre-service physics teacher. Journal Physics: Conference Series,997(1), 012032.

Limatahu, I. (2018). Model pembelajaran CCDSR Penerapan Model CCDSR (condition, construction, development, simulation, and reflection) untuk meningkatkan keterampilan proses sains calon guru fisika. (Disertasi Doktor tidak dipublikasikan). Pascasarjana Unesa, Surabaya, Indonesia.

Limatahu, I., Wasis, Suyatno, S., & Prahani, B.K. (2018). Development of CCDSR teaching model to improve science process skills of pre-service physics teachers. Journal of Baltic Science Education, 17(5), 812-827.

Sarwi dan s. Khanafiyah, 2013. Pengembangan keterampilan kerja ilmiah mahasiswa calon guru fisika melalui eksperimen gelombang open-inquiry. jurnal pendidikan fisika indonesia, 6 (2).

Sugiono, 2014. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. (Bandung: Alfabrta).

Yaqin, A. E. 2005. “Meningkatkan kompetensi dasar “melaksanakan penelitian ilmiah melalui kegiatan laboratorium berbasis inkuiri“ bagi siswa kelas II SMA. Skripsi Jurusan Fisika FMIPA UNNES

Yunita, Y., Poedjiastoeti, S., & Agustini, R. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran IPA model inkuiri terbimbing ditunjang media PhET untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Sains,7(1),1407-1415.




DOI: https://doi.org/10.33387/saintifik.v6i1.3652

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office:

Jl. Bandara Sultan Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun

Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728

INDEXED ON

 Â  Â