PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS V SD INPRES 60 KABUPATEN SORONG
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil yang diperoleh siswa sebelum dan sesudah menggunakan media gambar dan menemukan berapa besar peningkatan hasil dan keaktifan belajar siswa terhadap pelajaran IPA dengan diterapkannya pembelajaran dengan menggunakan media gambar tersebut. Fokus penelitian adalah Guru, Siswa, Hasil belajar yang dicapai siswa. Dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Inpres 60 Kabupaten Sorong sebanyak 8 (Delapan) orang. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Teknik analisis data yaitu deskriptif dan infrensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dalam pembelajaran IPA secara keseluruhan terlaksana dengan baik mulai dari membentuk kelompok belajar siswa, menyiapkan media gambar, member materi pelajaran dengan media gambar, hingga membuat kesimpulan. Setelah pelaksanaan pembelajaran dengan media gambar, hasil yang dicapai berada pada kategori tinggi. Penerapan pembelajaran IPA dengan menggunakan media gambar berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Inpres 60 Kabupaten Sorong.
Â
Kata Kunci : Hasil Belajar IPA, Media Gambar
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Peneliti. Jakarta: PT.Rineka Cipta,
Asyar Rayandra 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta.
Arsyad, azhar. 2012. Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada.
Arief S. Sadiman. 2010. Media Pendidikan. Jakarta. PT Raja Grafindo.
Huda, Miftahul. 2013. Model – model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung Pustaka Setia.
Purwanto, ngalim. 2012. prinsip – prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Bandung; PT. Remaja Rosdakarya.
Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran. Bandung: PT. Raja Grafindo.
Sadiman Arief S, dkk, 2014. Media Pendidikan, Jakarta: Rajawali Press.
Surmadayo, samsu. 2013. Penelitian tindakan kelas. Yogyakarta : graha ilmu
Setianingsih dan Munawar S. 2010. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta:PT Indeks.
Suyono dan Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya,
Trianto. 2014. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: bumiaksara.
DOI: https://doi.org/10.33387/saintifik.v6i1.3653
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Editorial Office:
Jl. Bandara Sultan Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun
Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728
INDEXED ON