PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 37 HALMAHERA SELATAN PADA KONSEP GAYA DAN GERAK

Emy Narti Hadis, Sumarni Sahjat, Rohima Wahyu Ningrum

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa SMP Negeri 37 Halmahera Selatan Kelas VIII pada konsep gaya dan gerak. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil belajar tes tertulis berupa soal pretest dan posttest. Data dianalisis menggunakan statistik uji-t. Data hasil perhitungan diperoleh thit = 10,57 dan ttab = 2,080 dengan dk = 21 dan taraf signifikan 0,05. sehingga data hasil perhitungan menunjukan bahwa thit > ttab atau 10,57 > 2,080 dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Besar pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains sebesar 1,3 yang termasuk dalam kategori sangat besar, dengan persentasi respon siswa terhadap model pembelajaran inkuiri terbimbing adalah 63,92% yang termasuk dalam kategori kuat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa SMP Negeri 37 Halmahera Selatan Kelas VIII pada konsep gaya dan gerak.

 

Kata Kunci: Inkuiri terbimbing, keterampilan proses sains

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aryanti, R Ulfa. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Disertai Process Worsheets pada Mayeri Hukum Newton terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa di SMA di Kabupaten Bondowoso. Kalimantan: Universitas Jember, vol (3), 63-64

Astuti, P dkk. 2017. Analisis Respon Siswa terhadap Model Pairs, Investigation and Communication (PIC) dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Sains, Vol.2, No. 1, 12-13.

Budiyono, Agus. 2016. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Agrument Based Inquiry (ABSI) terhadap Peningkatan Kemampuan Berargumentasi Siswa SMA. Jurnal Pemikiran Penelitian Pendidikan dan Sains, Vol.4, No.1, 85-88.

Fitriyani, R dkk. 2017. Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Sains pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol. 11, No. 2, 1961-1962.

Nurdyansyah, Fahyuni Eni Fariyatul. 2016. Inovasi Model Pembelajaran. Sudoarjo:Nizamia Learning Center Sidoarjo

Purwati, Rani dkk. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Sistem Ekskresi Kulit untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Proceeding Biology Education Conference, Vol.13, No. 1, 326-327.

Siregar, Syofian. 2016. Statistika Deskriptif untuk Penelitian. Jakarta:Rajawali Pers.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Zakiyah,H. Ulfa, N. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran PBL (problem based learning) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Bahan Kimia dalam Kehidupan Sehari-hari. Jurnal Lantanida Journal, Vol. 5 No. 2, 93-196.




DOI: https://doi.org/10.33387/saintifik.v6i1.3654

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office:

Jl. Bandara Sultan Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun

Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728

INDEXED ON

 Â  Â