PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LATIHAN INKUIRI BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM DIMASA PANDEMI TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI KIMIA PADA MATA KULIAH KIMIA ANORGANIK
Sari
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh  model pembelajaran  latihan  inkuiri  berbantuan  google  classroom dimasa pandemi terhadap kemampuan literasi kimia anorganik khususnya materi sifat perioditas unsur dalam sistem periodik. Desain  penelitian  yang  digunakan adalah  one  group  pretest-posttest  design. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang memprogramkan mata kuliah kimia anorganik semester  ganjil tahun akademik 2020-2021 Prodi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Khairun., mengunakan teknik pursovise sampling. Teknik analisis data adalah analisis statistik inferensial menggunakan SPSS 20. Hasil Uji hipotesis menunjukkan bahwa  sig < 0,05 dan t hitung > t tabel maka Ho ditolak  sehingga  dapat  disimpulkan bahwa terdapat  pengaruh  model pembelajaran latihan inkuiri berbantuan google classroom dimasa pandemi terhadap kemampuan literasi kimia pada matakuliah kimia anorganik khususnya materi sifat  perioditas  unsur  dalam sistem periodik. Â
Â
Kata Kunci : Latihan inkuiri, kimia anorganik, literasi kimia, statistik inferensial
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Eviyona L. Barus dan Ridwan A Sani. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Latihan Inkuiri terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Usaha Dan Energi Di Kelas X Semester II. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (INPAFI). 5 (4). 16-22
Imansari, Maulinda. Dkk. 2018. Analisis Literasi Kimia Peserta Didik Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Bermuatan Etnosains. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 12(2). 2201-2211
Laksono, Pandu Jati. 2018. Studi Kemampuan Literasi Kimia Mahasiswa Pendidikan Kimia Pada Materi Pengelolaan Limbah. Jurnal Pendidikan Kimia. 2(1). 1-11
Limatahu, Nur.A., Rahman N.A., Abu, N.H.St., dan CiptaI., 2017. Pengaruh Video Praktikum dengan Modul Elektronik terhadap Keterampilan Proses pada Materi Stoikiometri Siswa Kelas X SMAN 2 Tidore kepulauan. IPKim. Vol. 9, No. 1
Parsa, I Made .2017. Evaluasi Proses dan Hasil Belajar.Kupang : CV. RasiTerbit
Prastiwi, dkk. 2017. Studi kemampuan literasi kimia peserta didik pada materi elektrokimia. Prosiding seminar nasional kimia UNY.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta
Sri Rahayu. 2017. Mengoptimalkan Aspek Literasi dalam Pembelajaran Kimia abad 21. Prosiding Seminar Nasional Kimia UNY
Widodo dan Dwi Nursanti. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Latihan Inkuiri untuk Meningkatkan Keaktifan Lisanan dan Hasil Belajar dalam Pembelajaran Fisika pada Siswa Kelas VII SMPN 2 Pandak Bantul. Indonesian Journal of Applied Physics. Vol.3 No.2 Halaman 150
DOI: https://doi.org/10.33387/saintifik.v6i2.3660
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Editorial Office:
Jl. Bandara Sultan Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun
Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728
INDEXED ON