EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CCDSR (CONDITION, CONTRUCTION, DEVELOPMENT, SIMULATION, REFLECTION) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS XI-IPA SMA NEGERI 13 HALMAHERA SELATAN PADA KONSEP HUKUM NEWTON TENTANG GERAK

Sunarjo Saiful, Iqbal Limatahu, Rahim Achmad

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk megetahui efektivitas model pembelajaran CCDSR (Condition, Contruction, Development, Simulation, Reflection) untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas XI-IPA SMA Negeri 13 Halmahera Selatan pada konsep hukum Newton tentang gerak. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan metode eksperimen semu (quasy eksperiment) dengan desain penelitian yang digunakan adalah one grup pretest-posttest design, populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-IPA SMA Negeri 13 Halmahera Selatan yang terdiri dari 20 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa teknik pemberian tes yang meliputi tes awal dan tes akhir (pretest-posttest) pada kelas eksperimen, angket untuk memperoleh informasi tentang respon siswa terhadap model pembelajaran CCDSR dan dokumentasi sebagai teknik pengambilan gambar, sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik infersial. Dari hasil analisis dengan bantuan SPSS uji normalitas untuk pretest dengan nilai signifikansi yang diperoleh 0,225 > 0,05, sedangkan posttest 0,228 > 0,05, uji homogenitas dengan nilai signifikansi 0,995 > 0,05, dan uji t pada pretest 32,59 dan posttest  67, 41, serta besaran efektivitasnya 51% sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran CCDSR pada kelas eksperimen cukup efektif untuk meningkatkan KPS siswa.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Seri, R. M. (2017). Penggunaan metode proyek untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas X-MIA Madrasah Aliyah Al-Khairat pada konsep momentum dan impuls.

Nurtang, Herman, & Haris, A. (2019). Keterampilan proses sains fisika peserta didik kelas XI SMA Negeri 24 Bone. Jurnal sains dan pendidikan fisika, (diakses 26/06/2020).

Limatahu, I. (2018). Model pembelajaran ccdsr (condition, contruction, development, simulation, reflection) untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan perencanaan pembelajaran bagi mahasiswa calon guru fisika. Disertasi Doktoral Universitas Surabaya Pascasarjana Program Studi Pendidikan Sains 2018.

Budiyono, A & Hartini. (2016). Pengaruh model pembelajaran inkuri terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa SMA. Jurnal pemikiran penelitian pendidikan dan sains, (diakses 26/06/2020).

Rahman, A. R. & Limatahu, I. (2020). Melatihkan keterampilan proses sains siswa SMA Negeri 8 Kota Ternate melalui penerapan model pembelajaran CCDSR (condition, contruction, development, simulation, reflection). Jurnal penelitian pendidikan sains, (diakses pada 07/07/2020).




DOI: https://doi.org/10.33387/saintifik.v6i2.3889

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office:

Jl. Bandara Sultan Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun

Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728

INDEXED ON

 Â  Â