PENGARUH MOTIVASI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI
Sari
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa melalui penggunaan media animasi di MTs Negeri 2 Halmahera Selatan. 2) pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa melalui penggunaan media animasi  di MTs Negeri 2 Halmahera Selatan. 3) pengaruh motivasi dan kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa melalui penggunaan media animasi di MTs Negeri 2 Halmahera Selatan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah bersifat eksperimen dengan desain penelitian korelasional. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas VIII A MTs Negeri 2 Halmahera Selatan yang berjumlah 20 siswa. Data diperoleh dengan menggunakan Teknik tes untuk variabel Y dan non tes (kuesioner) untuk variabel X1 dan X2. Instrumen yang dipakai sebelumnya diujicoba. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana dan regresi ganda. Hasil analisis menunjukan bahwa terdapat Pengaruh motivasi dan kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa menggunkan media animasi. Berdasarkan hasil analisis data untuk melihat pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh nilai sebesar 11,021 dengan Ftab = 4,41 sehingga dapat dikatakan Fhit > Ftab, dan thit > ttab  atau 3,316 > 2,101 sehingga hipotesis yang menyatakan terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dapat diterima. Uji hipotesis yang sama diperlakukan untuk melihat pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh nilai sebesar 16,405 atau Fhit > Ftab dan thit > ttab  4,302 > 2,101 sehingga berdasarkan pengujian hipotesis tersebut menunjukan bahwa hipotesis Ha diterima dan hipotesis Ho ditolak. Hal ini menunjukan terdapat pengaruh antara kemanidrian belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII-A MTs Negeri 2 Halmahera Selatan pada konsep pesawat sederhana. Sedangkan untuk melihat besar pengaruh motivasi dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap kemampuan berpikir kritis siswa memilik konstribusi sebesar 55,65% maka Ha diterima pada taraf signifikan α = 5 %
Teks Lengkap:
PDFReferensi
. Aksoy, G. 2012 The Effects of Animation Technique on the 7th Grade Science and Technology Course. Journal of Scientific Research. Vol.3, No.3, 304- 308. Tahun 2012. Diakses dari http://www.SciRP.org/journal/ce pada tanggal 10 Agustus 2012.
Ali, M. & Asrori, M. 2016. Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.
Arends, R. I., & Klicher, A. 2010. Teaching for student learning becoming on accomplished teacher. Madison Avenue: Routledge Taylor and Francis Group.
Azhar Arsyad 2009, Media Pembelajaran, Jakarta: Grafindo Persada,
Dea Handini 2016., Diah Gusrayani., dan Regina Lichteria Panjaitan.. Penerapan Model CTLMeningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Materi Gaya. Jurnal Pena Ilmia Vol. 1, No.1
Fachrurazi. 2011. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Diakses tanggal 7 April 2014, dari http://jurnal.upi.edu/file/8-Fachrurazi.pdf.
Fatimah, E. 2010. Psikologi Perkembangan: Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Pustaka Setia.
Egok, A. S. (2016). Kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar dengan hasil belajar matematika. Jurnal Pendidikan Dasar UNJ, 7(2), 186-199.
Johnson, E.B. 2014. Contextual Teaching & Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: Kaifa.
Jumaisyaroh, T., Napitupulu, E. E., & Hasratuddin, H. (2015). Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan kemandirian belajar siswa smp melalui pembelajaran berbasis masalah. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 5(2), 157-169.
Mudjiman, H. 2011. Belajar Mandiri. Surakarta. LPP UNS dan UNS Press.. 2011. Manajemen Pelatihan Berbasis Belajar Mandiri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Purwanto, M.N. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Rahmawati, B. F.2013. Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswamelalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Education Vol. 8, No. 2. Lombok: STKIP Hamzanwadi Selong.
Rivai A. 2005. Media Pengajaran Bandung: Sinar Baru Algensindo,
Saiful Bahri. 2017. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) tipe Inquiry terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Islam, Volume 8, No I
Sardiman AM. 2011. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Sardiman. 2016. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarata: RajaGrafindo Persada.
Sitepu, S. (2011). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Sma Negeri 1 Lubuk Pakam (Doctoral Dissertation, Unimed).
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan . Bandung: Alfabeta
Sulistianingsih, P. 2017. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(1), 129-139.
Surya, H. 2011. Strategi Jitu Mencapai Kesuksesan Belajar. Jakarta: Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.
Toto Ruhimat, dkk. 2011. Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
DOI: https://doi.org/10.33387/saintifik.v6i2.3890
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Editorial Office:
Jl. Bandara Sultan Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun
Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728
INDEXED ON