ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 KOTA TERNATE DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI GARIS DAN SUDUT

Ardiman Rusli, Karman La Nani

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kesalahan Siswa Kelas VII-1 SMP Negeri 5 Kota Ternate Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Garis Dan Sudut . Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 SMP Negeri 5 Kota Ternate. Pengumpulan data penelitian ini mengunakan instrumen tes tentang garis dan sudut berbentuk essay sebanyak empat butir soal dan telah divalidasi oleh dua dosen penguji dan dua dosen pembimbing serta pedoman wawancara. Hasil analisis data menunjukan kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal pada materi garis dan sudut yaitu siswa pada dasarnya dikarenakan lemah tingkat pemahaman terhadap konsep dasar sebagai materi prasyarat. Dari hasil penelitian yang di berikan dengan menggunakan instrumen tes soal pada materi garis dan sudut sebanyak 4 butir soal berbentuk esay. Terdapat (80%) yang mengalami kesalahan pada kesalahan fakta dan kesalahan konsep berupa siswa tidak mampu menggambar garis-garis sejajar dan garis-garis berpotongan, dan belum memahami rumus untuk menyelesaikan soal pada materi garis dan sudut, (100%) siswa yang mengalami  kesalahan pada indikator kesalahan prinsip dan kesalahan skill siswa tidak mampu menentukan objek untuk mengaitkan garis dan sudut, belum mampu menyelesaikan soal dengan menganalisis suatu materi garis dan sudut secara tepat .


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdurahman, M. 2009. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta Rineka Cipta

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Fitri, R. dkk. 2014. Penerapan Strategi The Firing Line Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batipuh. Jurnal Pendidikan Matematika.Volume 3.Nomor 1. Part 2 Hal 18-22.

Lado, H. dkk. 2016. Penggunaan Media Bungkus Rokok untuk Memahamkan Konsep Barisan dan Deret Melalui Pendekatan RME. Jurnal Pembelajaran Matematika.Tahun III. Nomor 1.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitarif, Kualitatif Dan R&D.Bandung Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.33387/saintifik.v6i2.3891

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office:

Jl. Bandara Sultan Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun

Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728

INDEXED ON

 Â  Â