IDENTIFIKASI KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL

Astri Marasabesi, Ahmad Afandi, Ariyanti Jalal

Sari


Penelitian ini mengidentifikasikan untuk mengetahui kesalahan-kesalahan dan jenis-jenis kesalahan siswa kelas VII-2 SMP Negeri 2 Kota Ternate dalam menyelesaikan soal pada materi persamaan linear satu variabel Dalam penelitian ini terpilih subjek penelitian sebanyak 4 siswa yang ditentukan berdasarkan hasil tes. Siswa yang terpilih sebagai subjek penelitian tersebut adalah siswa yang memperoleh kategori kesalahan fakta, konsep, prinsip dan operasi. Data dikumpulkan dengan metode tes dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 25 siswa (45%) mengalami kesalahan fakta, 13 siswa (20%) kesalahan konsep, 13 siswa (20%) kesalahan prinsip dan 8 siswa (15%) kesalahan operasi dalam menyelesaikan soal pada materi persamaan linear satu variabel. Berdasarkan hasil kerjanya, subjek tersebut salah menuliskan simbol, lambang, atau huruf dalam menyelesaikan soal (kesalahan fakta), salah mengklasifikasikan dan tidak memahami bagian-bagian dari suatu operasi bilangan serta menuliskannya (kesalahan konsep), salah dalam menggunakan teorema atau defenisi dalam menyelesaikan soal (kesalahan prinsip) dan salah dalam melakukan perhitungan, salah dalam menyelesaikan soal, tidak tepat dalam menghitung hasil operasi (kesalahan operasi), terhadap permasalahan pada soal persamaan linear satu variabel.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arifin, Z. (2010). Membangun Kompetensi Pedagogis Guru Matematika. Surabaya: Lentera Cendikia.

Aris Arya Wijaya dan Masriyah. 2012. “Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabelâ€. Jurnal MATHEdunesa. (Online) Tersedia: http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/article/2855/30/article.pdf (diakses 30 Desember 2017)

Febriani E. R. (2015). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linear Satu Variabel Di Kelas VII SMP Negeri 2 Palu. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol, 4. No, 2. September 2015

Fitria, T. N. (2013). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berbahasa Inggris Pada Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Jurnal Mathedunesa. Vol. 2, No. 1 . 2013, Hal. 1-8

Lampongajo, J. R., Marasut, A., & Damai, I. W. (2017). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pokok Bahasan Operasi Hitung Bentuk Aljabar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Dumoga. JSME (Jurnal Sains, Matematika & Edukasi), 5(1), 13-18.

Soedjadi, R. (2000). Kiat pendidikan matematika di Indonesia: konstatasi keadaan masa kini menuju harapan masa depan. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional.

Sunarsi, A. (2009). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Luas Permukaan Serta Volume Prisma Dan Limas Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Karanganyar Tahun Ajaran 2008/2009. Jurnal UNY. Vol. 1, Juni 2009, Hal 18-27

Ulpa, Z., & Rohati, R. (2014). Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Analisis Proses Berpikir Siswa Yang Mempunyai Kecerdasan Visual Spasial Dalam Persamaan Linear Dua Variabel Di Kelas VIII SMP N 1 Muaro Jambi. Sainmatika: Jurnal Sains dan Matematika Universitas Jambi, 8(1), 221216.

Wijaya, A.A. dan Masriyah. (2013). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Mathedunesa. Vol. 2, No. 1. 2013.

Zainiyah, N. (2009). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII Mts Darussalam Sidodadi Taman Sidoarjo Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau Dari Langkah Penyelesaian Masalah Polya. Skripsi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Jakarta: diterbitkan (15 Juni 2015).




DOI: https://doi.org/10.33387/saintifik.v7i1.4997

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office:

Jl. Bandara Sultan Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun

Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728

INDEXED ON

 Â  Â