ANALISIS KEMAMPUAN MULTIREPRESENTASI SISWA SMA KELAS X TERHADAP KONSEP GAYA DENGAN MENGGUNAKAN REPRESENTATIONAL OF FORCE CONCEPT INVENTORY (RFCI)

Nurmala Ibrahim, Sumarni Sahjat, Dewi Amiroh Dewi Amiroh

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) mengetahui tingkat pemahaman siswa SMA  Negeri 1, SMA Negeri 4, dan SMA Negeri 5 kota Ternate  kelas X IPA terhadap konsep gaya ditinjau dari jawaban soal RFCI. 2) mengetahui persentase siswa SMA  Negeri 1, SMA Negeri 4, dan SMA Negeri 5 kota Ternate kelas X IPA yang mempunyai kemampuan pada representasi verbal, gambar, vektor, dan grafik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan  metode survei. Subjek penelitian ini adalah 90 siswa kelas X, masing-masing sekolah 30 siswa di SMA Negeri 1, SMA Negeri 4, dan SMA Negeri 5 kota Ternate. Pemahaman konsep gaya pada penelitian ini ditunjukkan oleh hasil tes siswa dengan menggunakan soal RFCI, sedangkan persentase siswa yang mempunyai kemampuan representasi verbal, gambar, vektor, dan grafik diperoleh dengan mengelompokkan kemampuan representasi setiap siswa kemudian dicari persentase secara keseluruhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman siswa di SMA Negeri 1 kota Ternate rata-rata kemampuan  representasi 66, 167, SMA Negeri 4 nilai rata-rata 64,19, dan SMA Negeri 5 adalah  65,42. Besar persentase  siswa SMA Negeri1 kota Ternate yaitu verbal = 68,3%, gambar 70,3%, vektor  = 68% dan grafik = 47,5%.besar persentase siswa SMA Negeri 4 kota ternate yaitu verbal 68,9%, gambar  = 66,11%, vektor = 60,6%, dan grafik = 39,16%. Sedangkan persentase kemampuan representasi siswa SMA Negeri 5 kota Ternate yaitu verbal 70,5%, gambar = 74,16%, vektor = 62%, dan grafik 36,6% pada materi gaya.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ainswort, Shaaron. (1999). The Function of Multipl Representaions. Computer and Education. (online). (http://www.phychology.nottinghan.ac.uk/staff/sea/function.pdf. 18 Januari 2022)

A. Tongchai, M. D. Sharma, I. D. Jhonston, K. Arayathanitkul & C. Soankwa. (2011) “Consistency of Stedents’ Conceptions of Wave Propagation: Finding From a Conceptual Survei In Mechanical Wavesâ€, Institute for Innovetive Learning, Mahidol University, Bangkok, Thailand.

Etkina, Eugenia et al. (2006). Scientific Abilities and Their Assesment. Physical Review Special Topics – Physic Education Research 2, 020103.

Etkina, Eugenia. dkk. (2010). Rubric Scientific Ability to Represent Information In Multiple Ways. (online). (http://paer.rutgers.edu/ScientificAbilities/Dounloads/Rubrics/A_MultRepRub2010.pdf.diakses 28 Mei 2022.

Haratua, T. M. S., & Judyanto Sirait. (2016). Representations Based Physics Intriction to Enhance Studennts Problem Solving. American Journal of Education Research . (online) (http://pubs.sciepub.com/education/4/1/1/. 28 Mei 2022).

Hardhienata, Kenapa Fisika Menjadi Momok, Bandung Indonesia: Afabeta,2007. Hestenes, David, Marcolm Wells dan Gregg Swackhamer. 1992. Force Concept Inventory, Published in Journal The Physics Teacher, vol. 30, March 1992 (http://paer.rutgers.edu/scientificAbilities/Downloads/FormAssessTasks/Mult Rep.pdf):

Hestenes, David, Marcolm Wells dan Gregg Swackhamer. 1992. Force Concept Inventory, Published in Journal The Physics Teacher, vol. 30, March 1992

Kohl, Patrick B dan Noah D. Finkelstein. (2006). Effects of Representational on Student Solving Physich Problems : A Fine-Granined Characterization. (Physical Review Special Topics – Physich Education Research 1, 010104). (online). (http://prst-per.aps.org/pdf/PRSTPER/v2/il/e010106, diakses 28 Mei 2022

K. Marthen, (2013). Fisika untuk SMA /MA Kelas X Jilid 1 berdasarkan kurikulum 2013. Penerbit Erlangga dengan power mac G5 (Adobe Garamond Pro 11 pt.0.

L. C. McDermott., “Oersted Medal Lecture 2001: “Physich Education Research-The Key to Student Learningâ€, Departement of Physics, University of Washington, Seattle, Wangshington, 2001.

Nieminen, Antti Savinainen, and Jouni Viiri. (2010). Force Concept Inventory-based multiple-choice test for investigating students’ representational consistency. (online). Tersedia http://prstper.aps.org/pdf/PRSTPER/v6.i2/e020109. (6 September 2021).

R. Azizah, L. Yuliati, and E. Latifah, “Kesulitan Pemecahan Masalah Fisika pada Siswa SMAâ€, Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), vol.5, no.2, pp.44-50, 2015.

R. Khisfhe, “Consistency of Nature of Science Views Across Scientific and Socio-Scientific Contextsâ€, Internetional Journal of Science Education, vol.39, no.4, pp.403-432, Departement of Education, American University of Beirut, Lebanon. 2017R. Azizah, L. Yuliati, and E. Latifah, “Kesulitan Pemecahan Masalah Fisika pada Siswa SMAâ€, Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), vol.5, no.2, pp.44-50, 2015.

Rosengrant, Heuvalen dan Etkina (2005). Case Study: Student use of Multiple Representation in Problem Solving. Graduate School of Education, 10 Seminary Place, Rutgers University, New Brunswick, NJ 08901.

S. N. Sukmadinata (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Penerbit Pt Remaja Rosdakarya. Jl. Ibu Inggit Garnasih No. 40, Bandung 40252.

Suhandi. A dan Wibowo F.C. Pendekatan Multirepresentasi Dalam Pembelajaran Usaha-Energi Dan Dampak Terhadap Pemahaman Konsep Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, tahun 2012.http://journal.unnes.ac.id/artikel_nju/JPFI/1998(Diakses 22 Desember 2022)




DOI: https://doi.org/10.33387/saintifik.v7i1.4999

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office:

Jl. Bandara Sultan Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun

Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728

INDEXED ON

 Â  Â