HUBUNGAN KELENGKAPAN SUMBER BELAJAR DAN KEMANDIRIAN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SMP NEGERI 2 LENGAYANG KABUPATEN PESISIR SELATAN
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan kelengkapan sumber belajar dengan hasil belajar IPA siswa, (2) hubungan kemandirian siswa dengan hasil belajar IPA siswa, dan (3) hubungan kelengkapan sumber belajar dan kemandirian siswa dengan hasil belajar IPA siswa SMP Negeri 2 Lengayang Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan korelasi dengan menggunakan teknik simple random sampling dalam pengambilan sampelnya. Teknik analisis data yang digunakan: uji normalitas menggunakan uji Kolmogrov-Smirnov dan uji linieritas menggunakan Anova Table, serta uji hipotesis dengan korelasi sederhana dan berganda Product Moment, uji-t dan uji-F serta Koefisien Determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) ada hubungan kelengkapan sumber belajar dengan hasil belajar IPA siswa SMP Negeri 2 Lengayang (nilai thitung 2.352 > ttabel  1.960) dengan hasil analisis regresi linier sederhana diperoleh persamaan Y = 56.919 + 0.174X dengan koefisien determinasi (R2) kelengkapan sumber belajar dengan hasil belajar sebesar 0.035. (2) ada hubungan kemandirian siswa dengan hasil belajar siswa SMP Negeri 2 Lengayang (nilai thitung 2.682 > ttabel  1.960) dengan hasil analisis regresi linier sederhana diperoleh persamaan Y = 53.400 + 0.212X dengan koefisien determinasi (R2) kelengkapan sumber belajar dengan hasil belajar sebesar 0.045. (3) ada hubungan kelengkapan sumber belajar dan kemandirian siswa dengan hasil belajar IPA siswa SMP Negeri 2 Lengayang (Fhitung 5.794> Ftabel 3.072) dengan hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan Y = 44.399 + 0.150 (X1) + 0.191 (X2) dengan koefisien determinasi (R2) kelengkapan sumber belajar dan kemandirian siswa dengan hasil belajar sebesar 0.070.
Kata Kunci: Kelengkapan Sumber Belajar, Kemandirian Siswa, Statistik, Hasil Belajar
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Agustina, S. (2010) Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa dan Fasilitas Belajar di Sekolah Terhadap Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) Siswa Kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Negeri Karanganyar Tahun Pelajaran 2009/2010. [Skripsi]. Universitas Sebelas Maret. Surakarta
Arikunto, S. (2013) Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta
Riduwan dan Sunarto (2011) Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Alfabeta. Bandung
Siregar, S. (2011) Statistika Deskriptif untuk Penelitian. dilengkapi Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Raja Grafindo Persada. Jakarta
Slameto (2010) Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Rineka Cipta. Jakarta
Sudijono, A. (2008) Pengantar Statistik Pendidikan. Raja Grafindo Persada. Jakarta
DOI: https://doi.org/10.33387/saintifik.v1i2.542
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Editorial Office:
Jl. Bandara Sultan Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun
Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728
INDEXED ON