PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING dengan MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) pada MATERI PROGRAM LINIER terhadap ASPEK KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS MAHASISWA
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan model pembelajaran problem solving dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) pada materi program linier terhadap aspek kemampuan representasi matematis mahasiswa. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa semester IV kelas A dan kelas B di Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Khairun Tahun Pelajaran 2014/2015 dengan melibatkan 83 orang mahasiswa sebagai subyek penelitian yang diambil dengan teknik purposif sampling. Data kemampuan representasi matematis dikumpulkan dengan tes kemampuan representasi matematis. Data kemampuan representasi matematis selanjutnya dianalisis dengan uji statistik nonparametrik yakni uji tanda (sign test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran problem solving lebih efektif dari pada model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis mahasiswa pada materi program linier.
Kata kunci: Kooperatif, Problem Solving, TTW, Representasi Matematis, Sign test, Program linier
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah & Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Farida, Anisatul, dkk. 2088. Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving dengan Metode Snowball Throwing dalam Pembelajaran Fisika di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol(3), No 1, 1-14.
Hidayah, dkk. 2014. Keefektifan Pembelajaran TTW dan SGW Berbantuan Kartu Soal Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol(3), No 1, 48-55.
Hutagaol, K. 2013. Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Kamampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ilmiah, Vol(2), No 1, 85-99.
Izzati, N & Suryadi, D. 2010. Komunikasi Matematika dan Pendidikan Matematika Realistik. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Yogyakarta, UNY, 27 November 2010.
Lasati, D. 2006. Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada Pembelajaran Persamaan Garis Lurus Siswa SMP Nasional KPS Balikpapan. Jurnal Pendidikan Inovatif, Vol(1), No 2, 20-25.
Lestari, dkk. 2014. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TTW Terhadap Hasil Belajar Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Mimbar, Vol(2), No 1, 1-11.
Murni, Atma. 2007. Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP melalui Pembelajaran Metakognitif dan Pembelajaran Metakognitif Berbasis Soft Skill. Jurnal Pendidikan, Vol(4), No 2, 96-107.
Ninik, dkk. 2014. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah untuk setiap Tahap Model Polya dari Siswa SMK Ibu Pakusari Jurusan Multimedia pada Pokok Bahasan Program Linier. Jurnal Kadikma, Vol(5), No 3, 61-68.
Nurhayati, Y. 2010. Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Jurnal Repository, Vol(2), No 4, 15-42.
Pait, I Made. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving dan Penalaran Formal Terhadap Prestasi Belajar Matematika Bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Artikel, Program Studi Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Juni 2012.
Pratama, Okta Via Keke. 2013. Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) dengan Pendekatan Open-Ended pada Materi Pecahan. Seminar Nasional Pendidikan Matematika “Matematika dan Pembelajarannya, Menyongsong Kurikulum 2013†Surabaya, 01 Juni 2013.
Sari Puspita, A. 2013. Studi Komparasi Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Problem Solving dengan Model Konvensional pada Pokok Bahasan Jurnal Umum Siswa Kelas X Akuntansi SMK Widya Praja Ungaran. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.
Somakim. 2011. Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama dengan Penggunaan Pendidikan Matematika Realistik. Jurnal Forum MIPA, Vol(14), No 1, 42-48.
Sugiyono. 2010. Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.
Supardi. 2012. Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, Vol(9), No 2, 244-255.
Usman, H. dan P. S Akbar, 2006. Pengantar Statistika Edisi Kedua. Yogyakarta: Penerbit Bumi Aksara.
Yazid, Ahmad. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Kooperatif dengan Strategi TTW (Think-Talk-Write) pada Materi Volume Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal of Elementary Education, Vol(1), No 4, 32-39.
Zukarnaini. 2011. Model Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi dan Berpikir Kritis. Jurnal Edisi Khusus, Vol(1), No 2, 144-153.
DOI: https://doi.org/10.33387/saintifik.v1i2.543
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Editorial Office:
Jl. Bandara Sultan Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun
Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728
INDEXED ON