ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMPN 8 SATAP WASILE DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI PERBANDINGAN

Jahra Kie, Ida Kurnia Waliyanti, Diah Prawitha Sari

Sari


Penelitian ini mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP N 8 Satap Wasile dalam menyelesaikan soal materi perbandingan senilai. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 8 Satap Wasile Halmahera Timur, yang terdiri dari 20 siswa. Data penelitian diambil secara kualitatif untuk memjelaskan kemampuan berpikir kritis matematis. Dari 20 siswa dalam subjek penelitian diperoleh hasil bahwa jumlah siswa mewakili kategori sangat tinggi 1 siswa (10%), kategori tinggi 2 siswa (20%), kategori sedang 5 siswa (50%), kategori rendah 6 siswa (60%), dan kategori sangat rendah 6 siswa (60%). Selanjutnya dipilih 5 siswa diambil sebagai perwakilan setiap kategori dan dianalisis. Siswa dengan kemampuan berpikir kritis kategori sangat tinggi mampu menuliskan yang diketahui dan yang ditanya dengan tepat dan lengkap, membuat model matematika dari soal dengan tepat dan memberikan penjelasan yang benar dan lengkap, menggunakan strategi yang tepat dalam menyelesaikan soal dengan lengkap dan benar, membuat kesimpulan dengan tepat, sesuai konteks soal dan lengkap.

Kata Kunci


berpikir kritis matematis; perbandingan senilai

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andari, L. E. 2015. Investigasi dengan pendekatan Realistic Matematics Education terhadap kemampuan berpikir kritis dan disposisi matematika siswa kelas X SMK Negeri Yogyakarta. [Skripsi] FMIPA UNY

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Nomor 20, Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Early, O. A., Winarti, E. R., dan Supriyono. 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Kemandirian Kelas VIII melalui Penbelajaran Model PBL Pendekatan Saintifik Berbantuan Fun Pict. Prisma, Prosiding Seminar Nasional, 1, 2613-9189.

Happy, N. 2011. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kasihan Bantul Pada Pembelajaran Berbasis Masalah. (PBM) FMIPA. Universitas Negeri Malang

Kamarullah, K. (2017). Pendidikan matematika di sekolah kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21-32.

Karim dan Normaya. 2015. Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Model Jucama Di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT jurnal Pendidikan Matematika, Vol (3), 92-104.

Pertiwi, W. 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik SMK pada Materi matrik. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol (2), 793-801

Putri, S. A. 2019. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa dalam Menyelesaiakan Masalah Matematika Dibedakan Dari Tingkat Kecemasan. [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Sunann Ampel, Surabaya.




DOI: https://doi.org/10.33387/saintifik.v8i1.6219

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office:

Jl. Bandara Sultan Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun

Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728

INDEXED ON

 Â  Â