LEARNING OBSTACLE SISWA SMA NEGERI 1 KOTA TERNATE DALAM MEMAHAMI KONSEP TURUNAN FUNGSI DITINJAU DARI STRUKTUR MATERI

Aco Aldi La Misi, Soleman Saidi, Marwia Tamrin Bakar

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan learning obstacle siswa SMA Negeri 1 Kota Ternate dalam memahami konsep turunan fungsi ditinjau dari struktur materi dan dipilih 5 orang siswa terdiri dari 1 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan kelas XII IPA 2 sebagai subjek penelitian yang ditentukan berdasarkan hasil tes. Subjek pada penelitian ini merupakan perwakilan siswa yang mengalami learning obstacle. Data dikumpulkan menggunakan metode tes dan wawancara. Tes digunakan untuk menganalisis pemahaman konsep turunan fungsi siswa, dan wawancara digunaan untuk menelusuri penyebab learning obstacle siswa. Metode analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Hasil penelitian pada siswa SMA Negeri 1 Kota Ternate kelas XII IPA 2 berjumlah 32 siswa disimpulkan bahwa terdapat masing-masing 3 siswa (9,375%) kaberhasilannya sangat tinggi, 6 siswa (18,75%) tinggi, 12 siswa (37,5%) sedang, 7 siswa (21,875%) rendah, dan 4 siswa (12,5%) sangat rendah. Hasil kerja dan wawancara terhadap siswa yang mewakili setiap kategori disimpulkan bahwa siswa mewakili tingkat keberhasilan sangat tinggi memiliki didactical obstacle, siswa mewakili tingkat keberhasilan tinggi memiliki ontegenic obstacle dan dedaktical obstacle, siswa mewakili tingkat keberhasilan sedang memiliki didactical obstacle dan epistemological obstacle, siswa mewakili tingkat keberhasilan rendah memiliki ontogenic obstacle, didactical obstacle, dan epistemological obstacles, dan siswa mewakili tingkat keberhasilan sangat rendah juga memiliki tiga hambatan sekaligus. Hasil wawancara menunjukan beberapa syarat materi wajib peserta didik sebelum mempelajari materi turunan fungsi. Pecahan, bentuk aljabar, akar dan pangkat, turunan fungsi biasa, turunan fungsi trigonometri dan turunan fungsi komposisi. Para subjek penelitian tersebut tidak menyebutkan materi limit, walau demikian, limit tidak terlepas dari turunan fungsi karena definisi turunan fungsi melalui limit.

Kata Kunci


Learning obstacle siswa; konsep turunan fungsi; struktur materi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agip, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Bandung: Yrama Agung

Asih S. K. DKK. 2018. Analisis Learning Obstacles Pada Pokok Bahasan Aplikasi Turunan Pada Siswa Kelas XI SMA. Prosiding SNMPM II, Prodi Pendidikan Matematika. Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon.

Bakar M. T. dkk. 2019. Learning obstacles on linear equations concept in junior high school students: analysis of intellectual need of DNR-based instructions. Journal Physics: Conference Series.

Brosseau G. 2002. Theory of Didactical Situation in Matematics. Dordrecht: Kluwer Academic Publishers.

Evayanti M. 2017. Desain Didaktis Konsep Garis dan Sudut Berdasarkan Realistic Mathematics Education (RME) Pada Pembelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama (SMP). Universitas Pendidikan Indonesia

Faizin M. 2019. Analisis Learning Obstacle Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa. Jurusan PMIPA, Fakultas Terbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Hairun Y., 2020. Evaluasi dan Penilaian dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish CV Budi Utama.

Marlina M., Sugiyanto, Yani A. Hambatan Belajar Siswa Dikaji Dari Kemampuan Literasi Statistik Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Universitas Tanjungpura. 2019

Nurjanah dan Juliana A. Hambatan Didaktis Siswa SMP dalam Penyelesaian Masalah Geometri Berdasarkan Kemampuan Persepsi Ruang. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. Volume 11. Nomor 2. 20 Oktober 2020

Prasetyo A. N., 2019. Desain Didaktis Berpikir Kreatif Matematis Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berbantuan Geogebra. Universitas Pendidikan Indonesia.

Puji U. dan Suryadi D. Analisis Learning Obstacle Pada Pembelajaran Nilai Tempat Siswa Kelas II SD. Jurnal Pendidikan. Volume 8. Nomor 1. Februari 2019

Purcell E. dan Varberg D. 1998. Kalkulus dan Geometri Analitik. Jakarta: Erlangga

Riskayanti D., Hamid H. dan Jalal A. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII-1 SMP Negeri 14 Halmahera Selatan Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Pendidikan Guru Matematika Volume 1. Nomor 1. Januari 2021.

Septyawan S. R. (2018). Learning Obstacles Pada Konsep Fungsi: Sebuah Fenomenologi Hermeneutik. [Skripsi]. Universitas Pendidikan Indonesia: Belum Diterbitkan.

Setiyawati E. Hambatan Epistemologi (Epistemological Obstacles) Dalam Persamaan Kuadrat Pada Siswa Madrasah Aliyah. International Seminar and the Fourth National Conference on Mathematics Education 2011 Department of Mathematics Education, Yogyakarta State University. Juli 2011

Nurjanah dan Juliana A. Hambatan Didaktis Siswa SMP dalam Penyelesaian Masalah Geometri Berdasarkan Kemampuan Persepsi Ruang. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. Volume 11. Nomor 2. 20 Oktober 2020

Prasetyo A. N., 2019. Desain Didaktis Berpikir Kreatif Matematis Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berbantuan Geogebra. Universitas Pendidikan Indonesia.

Puji U. dan Suryadi D. Analisis Learning Obstacle Pada Pembelajaran Nilai Tempat Siswa Kelas II SD. Jurnal Pendidikan. Volume 8. Nomor 1. Februari 2019

Purcell E. dan Varberg D. 1998. Kalkulus dan Geometri Analitik. Jakarta: Erlangga

Riskayanti D., Hamid H. dan Jalal A. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII-1 SMP Negeri 14 Halmahera Selatan Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Pendidikan Guru Matematika Volume 1. Nomor 1. Januari 2021.

Septyawan S. R. (2018). Learning Obstacles Pada Konsep Fungsi: Sebuah Fenomenologi Hermeneutik. [Skripsi]. Universitas Pendidikan Indonesia: Belum Diterbitkan.

Setiyawati E. Hambatan Epistemologi (Epistemological Obstacles) Dalam Persamaan Kuadrat Pada Siswa Madrasah Aliyah. International Seminar and the Fourth National Conference on Mathematics Education 2011 Department of Mathematics Education, Yogyakarta State University. Juli 2011

Yusuf Y., Titat N. dan Yuliawati T. Analisis Hambatan Belajar (Learning Obstacle) Siswa SMP Pada Materi Statistika. Jurnal Aksioma Volume 8. Nomor 1. Juli 2017.

Yusuf Y., Titat N. dan Yuliawati T. Analisis Hambatan Belajar (Learning Obstacle) Siswa SMP Pada Materi Statistika. Jurnal Aksioma Volume 8. Nomor 1. Juli 2017




DOI: https://doi.org/10.33387/saintifik.v8i1.6221

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office:

Jl. Bandara Sultan Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun

Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728

INDEXED ON

 Â  Â