DESAIN DAN UJI COBA TES BERBASIS QUIZIZZ SEBAGAI ALAT EVALUASI UNTUK PESERTA DIDIK PADA MATERI LARUTAN ASAM-BASA KELAS XI
Diki Ahmad Iskandar Alam, Deasy Liestianty, Fitriana Ibrahim
Sari
Tujuan dari penelitian ini untuk mendesain dan mengujicobakan alat evaluasi pembelajaran Kimia secara praktis, mengetahui kevalidan dari produk, dan mengetahui respon guru kimia serta peserta didik terhadap alat evaluasi menggunkan aplikasi Quizizz pada materi larutan asam-basa kelas XI. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan model ADDIE Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi). Data pada penelitian ini diperloeh melalui validasi produk oleh ahli media, ahli materi, dan respon penilaian guru kimia serta respon peserta didik pada uji coba awal SMA Al-Kahiraat siko dan uji coba akhir SMAN 11 TiKep. Hasil penelitian ini yaitu : (1) mutu aplikasi Quizizz sangat valid digunakan sebagai alat evaluasi pembelajaran kimia pada materi larutan asam-basa berdasarkan penilaian dari ahli media sebesar 96,6%, dan ahli materi sebesar 83% dengat kategori sangat valid, sedangkan penilaian respon guru kimia sebesar 88,8% dengan kategori sangat praktis dan penilian keseluruhan respon peserta didik sebesar 79,4% dengan kategori praktis; (2) Dapat disimpulkan bahwa aplikasi Quizizz sangat valid dan sangat praktis digunakan sebagai alat evaluasi online berbasis aplikasi dalam pembelajaran Kimia khususnya pada materi larutan asam-basa.