PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL BERBASIS SMARTPHONE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA
Sari
Pasca pandemi motivasi belajar siswa tergolong menurun. Kebiasaan siswa selama menggunakan gawai selama pandemi terbawa hingga pembelajaran tatap muka berlaku Kembali dilaksanakan. Akibatnya siswa sulit fokus selama proses belajar mengajar saat tidak dengan gawai. Jika keadaan ini dibiarkan akan berimbas pada penguasaan siswa terhadap materi. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh penggunaan media digital berbasis smartphone terhadap motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah true experimen design dengan instrumen pengumpulan data melalui angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji t-tes antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa media digital berpengaruh dalam terhadap motivasi belajar materi bioteknologi siswa di SMP Al Azhar. Terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dengan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional (Ha diterima, H0 ditolak). Selain itu, penguasaan konsep materi yang diukur melalui tes kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
“Kemendikbud. (2020). Surat edaran pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran coronavirus Disease (covid- 19). Diakses 28 Maret 2020 - Penelusuran Google.html.”
L. Izzatunnisa et al., “Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi dalam Proses Belajar dari Rumah,” J. Pendidik., vol. 9, no. 2, pp. 7–14, Jul. 2021, doi: 10.36232/pendidikan.v9i2.811.
Y. Yantoro, A. Hariandi, Z. Mawahdah, and M. Muspawi, “Inovasi guru dalam pembelajaran di era pandemi COVID-19,” JPPI J. Penelit. Pendidik. Indones., vol. 7, no. 1, pp. 8–15, Mar. 2021, doi: 10.29210/02021759.
Z. Yuliana, “INOVASI PEMBELAJARAN SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SD SWASTA MIFTAHUL HUSNA,” Kumpulan Artikel Penelitian Tindakan Kelas Magister Pendidikan Dasar Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Y. Febrita and M. Ulfah, “Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa,” 2019.
D. Hendraningrat and P. Fauziah, “Media Pembelajaran Digital untuk Stimulasi Motorik Halus Anak Usia Dini,” J. Obsesi J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 6, no. 1, pp. 58–72, Mar. 2021, doi: 10.31004/obsesi.v6i1.1205.
U. Hanifah Salsabila, L. Irna Sari, K. Haibati Lathif, A. Puji Lestari, and A. Ayuning, “Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19,” Al-Mutharahah J. Penelit. Dan Kaji. Sos. Keagamaan, vol. 17, no. 2, pp. 188–198, Nov. 2020, doi: 10.46781/al-mutharahah.v17i2.138.
A. Nadifa, M. T. Hidayat, S. Ghufron, and P. Mariati, “Analisis Motivasi Belajar Pasca Pandemic Covid-19 pada Siswa Kelas IV SDI Wachid Hasyim Surabaya”.
S. Suprihatin, “UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA,” 2015.
Iim Imaroh, “DAMPAK PASCA PANDEMI COVID-19 TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 3 KABUPATEN CIREBON,” diploma, IAIN SYEKH NURJATI. S1 BKI, 2023. Accessed: Dec. 29, 2023. [Online]. Available: http://web.syekhnurjati.ac.id
A. Emda, “KEDUDUKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN,” Lantanida J., vol. 5, no. 2, p. 172, Mar. 2018, doi: 10.22373/lj.v5i2.2838.
Kompri, Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Rosda Karya, 2016.
Z. Zaharah and A. Susilowati, “Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Dengan Menggunakan Media Modul Elektronik Di Era Revolusi Industri 4.0: (Improving Students’ Learning Motivation through Electronic Module Media in the Industrial Revolution 4.0),” BIODIK, vol. 6, no. 2, pp. 145–158, Jun. 2020, doi: 10.22437/bio.v6i2.8950.
E. R. Slavin, Cooperative Learning, Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media, 2015.
H. W. Sofia, A. P. Utomo, S. Hariyadi, B. Wahono, and E. Narulita, “The validity and effectivity of learning using STEAM module with biotechnology game,” JPBI J. Pendidik. Biol. Indones., vol. 6, no. 1, pp. 91–100, Mar. 2020, doi: 10.22219/jpbi.v6i1.10979.
G. F. Khairunnisa and Y. I. N. Ilmi, “Media Pembelajaran Matematika Konkret Versus Digital: Systematic Literature Review di Era Revolusi Industri 4.0,” J. Tadris Mat., vol. 3, no. 2, pp. 131–140, Nov. 2020, doi: 10.21274/jtm.2020.3.2.131-140.
A. P. Utomo et al., “The Effectiveness of STEAM-Based Biotechnology Module Equipped with Flash Animation for Biology Learning in High School,” Int. J. Instr., vol. 13, no. 2, pp. 463–476, Apr. 2020, doi: 10.29333/iji.2020.13232a.
T. N. Azis, “Strategi pembelajaran era digital,” in The Annual Conference on Islamic Education and Social Science, 2019, pp. 308–318.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Editorial Office:
Jl. Bandara Sultan Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun
Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728
INDEXED ON