PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA AMPERA KECAMATAN IBU SELATAN PADA MATERI KONSEP MOL

Nur Asbirayani Limatahu, Khadijah Khadijah

Sari


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui   penerapan model pembelajaran kooperatif  tipe group investigation (GI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Ampera Kecamatan Ibu Selatan pada Materi Konsep Mol. Sampel yang digunakan yaitu siswa kelas X SMA Ampera Kecamatan Ibu Selatan yang berjumlah 60 siswa dan tersebar didua kelas dengan teknik pengambilan sampel yaitu secara cluster random sampling. Metode dalam penelitian ini menggunakan teknik tes, observasi dan angket kemudian data dianalisis secara deskriptif kuantitatif melalui statistik uji-Analisis Kovarian (ANAKOVA). Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) pada materi konsep mol sesuai dengan hasil uji ANAKOVA thitung > ttabel atau 5,48 > 1,63  dengan peningkatan sebesar 91%.

Kata Kunci


Model Pembelajaran kooperatif, group investigation, hasil belajar, konsep mol, uji ANAKOVA

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


E. Mulyasa, 2006, Menjadi Guru Profesional, Bandung:Remaja Rosdakarya

Keenan, C.W., D.C. Kleinfelter, J.H. Wood. 1992. Kimia untuk Universitas (edisi keenam jilid 2). Jakarta: Erlangga.

Trianto. 2012. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Surabaya: Prestasi Pustaka.

Sudijono. 2013. Pengantar Statistik Pendidikan. Raja Grafindo Persada: Jakarta

Yunita Kurniawan, dkk. 2015. Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI Semester Genap SMA Negeri Kebakkramat Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kimia. Vol. 4, No. 4 Tahun 2015, hal 117-122.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Bungin, Burhan. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Isjoni. (2011). Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi 2). Jakarta: Bumi Aksara

Roestiyah N, K. 1998. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Riduwan. 2008. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Martala S dan Apriani Jeli. 2014.Pengaruh model Pembelajaran Concept Attaichment Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Konsep Sistem Pernapasan. Jurnal. Universitas Lancang Kuning.

Naim, Ngainun. 2013. Menjadi Guru Inspiratif. Jakarta:Pustaka Pelajar.

Agus Suprijono. 2011. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Group Investigation, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Petrucci, R.H., W.S. Harwood, F.G. Herring, J.D. Madura. 2011. Kimia Dasar Prinsip-prinsip & Aplikasi Modern (Edisi Kesembilan Jilid 2). Jakarta: Erlangga.

Roini. C, 2012. Miskonsepsi Genetika dan Upaya Mengatasinya dengan Pembelajaran Peta Konsep dan Inkuiri Terbimbing Menggunakan Perangkat Berpendekatan Konsep pada SMA Berkategori Berbeda. Disertasi, Program pascasarjana, Universitas Negeri Malang

Wiryadi, Ni Ketut. 2010. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Kimia dengan Mempertimbangkan Kreativitas Siswa. Denpasar.




DOI: https://doi.org/10.33387/saintifik.v8i2.7377

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Editorial Office:

Jl. Bandara Sultan Baabullah Kampus 1 Universitas Khairun

Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728

INDEXED ON

 Â  Â