Analisis Bauran Pemasaran Gula Kelapa Pada Home Industri Barokah Gula Di Desa Tambakmulyo Kecamatan Puring Kabupaten Kebumen

Alfiah Nurfadilah, Pujiati Utami

Sari


Tujuan kajian ini adalah untuk mengetahui strategi segmentasi, targeting, dan positioning pemasaran gula kelapa di Home Industri Barokah Gula Kabupaten Kebumen, mengetahui bauran pemasaran (marketing mix) gula kelapa di Home Industri Barokah Gula Kabupaten Kebumen, dan mengetahui hambatan yang dihadapi dalam strategi pemasaran gula kelapa di Home Industri Barokah Gula Kabupaten Kebumen. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang diperoleh melalui kegiatan observasi, wawancara dan studi dokumentasi mengenai analisis strategi, bauran pemasaran serta hambatan dalam pemasaran bagi Home Industri Barokah Gula. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil analisis yang diperoleh menunjukkan bahwa penerapan strategi pemasaran gula kelapa pada Home Industri Barokah Gula melalui penentuan segmentasi pasar yang terdiri dari segmentasi geografis, segmentasi demografis, dan segmentasi psikografis selain itu juga terdapat target pemasaran dan positioning. Bauran pemasaran didasarkan pada marketing mix 4P (produk, price, place, promotion) melalui keunggulan citarasa produk, penetapan harga, penentuan lokasi dan saluran distribusi serta strategi promosi dalam penyampaian informasi produk. Hambatan dalam pemasaran dianalisis dari segi lingkungan internal dan lingkungan eksternal.


Teks Lengkap:

PDF 27-31

Referensi


Abianto Mutia Ainul Shintani dan Utami Pujiati. 2022. Manajemen Produksi Gula Kelapa Di UD Ngudi Lestari Desa Kalisalak, Kecamatan Kebasen, Kabupaten Banyumas. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Galuh. Ciamis.

Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah. 2019. Jawa Tengah Dalam Angka Tahun 2018. Badan Pusat Statistik. Semarang

Bantacut T, Maarif M, Fadhil R. 2017. A Review on The Development Strategies of Agroindustrial Institution in Indonesia. Asian Journal of Applied Sciences. Vol. V (4) : 747 – 763.

Budiningsih Sulistyani, Rahayu Tri Septin Muji dan Mundjiyanti Rina, 2017. Strategi Pengembangan Wirausaha Gula Kelapa Di Perdesaan. Agritech : Vol. XIX No. 2 Desember 2017 : 74-88

Danang, Sunyoto. 2013. Metode Penelitian Akuntansi. PT. Refika, Bandung.

Martono Anton, Budiningsih Sulistyani, Watemin. 2007. Analisis Kelayakan Ekonomi Agroindustri Gula Kelapa Di Desa Jalatunda Kecamatan Mandiraja Kabupaten Banjarnegara. Agritech, Vol. IX No. 1 Juni 2007 : 1-21

Rizki, Puspa Andhani. 2014. Strategi Pemasaran Gula Kelapa Organik di Desa Darensari Kecamatan Bagelan Kabupaten Purworejo. Skripsi Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabet, Bandung.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.
slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor