PERANCANGAN BANGUNAN MIXED USE BUILDING DENGAN PENDEKATAN GREEN BUILDING DI TERNATE

Endah Harisun, Utari Ramadhani Awedy

Sari


Bangunan multifungsi (Mixed-use Building) yang merupakan bangunan komersial menuntut adanya aspek kenyamanan bagi pengunjungnya. Penggunaan energi terbesar dalam bangunan multifungsi (Mixed-use Building) yaitu penggunaan unit pengkondisian udara, terlebih lagi di kota Ternate yang memiliki suhu rata-rata 33.8áµ’C menuntut suatu bangunan multifungsi yang memberikan iklim interior yang nyaman dengan penggunaannya.

Konsep Green Building yang diterapkan pada objek rancangan meliputi : Pemanfaatan material yang berkelanjutan, Keterkaitan dengan ekologi lokal, Konservasi energi, Efisiensi penggunaan air, Penanganan limbah, Memperkuat keterkaitan dengan alam dan Pemakaian kembali/renovasi bangunan.

Teknik pengumpulan data  yang digunakan adalah : Observasi, Interview,  Studi Pustaka  untuk analisis data menggunakan 3 pendekatan yaitu aspek manusia, aspek lingkungan dan aspek bangunan yang masing-masing aspek tersebut di analisis berdasarkan eksisting site yang ada.

Bangunan multifungsi (mixed-use building) yang dirancang bergaya arsitektur Modern minimalis dan diharapkan menjadi salah satu icon kota Ternate. Dengan fungsi sebagai Mall, Hotel, sekaligus sebagai pusat kegiatan konverensi dilengkapi berbagai fasilitas pendukung seperti parkiran basement 3 lantai, taman kota, kolam renang yang langsung nelihat view laut, game center, gym resto dan kafe

Teks Lengkap:

23-28

Referensi


Ching, Francis D.K. Arsitektur Bentuk, Ruang dan Susunannya. Penerbit Erlangga. Jakarta. 1985

Frick, Heinz, 2001, Ilmu Konstruksi Struktur Bangunan, Kanisius, Yogyakarta dan Semarang.

Hakim, R dan Utomo, H, 2002, Komponen Perancangan Arsitektur Lansekap,Bumi Aksara, Jakarta.

Karlen Mark and Benya James.2007.Dasar-dasar desain Pencahayaan.Erlangga.jakarta.

Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2003, PT. Gramedia Utama, Jakarta.

Neufert, Ernst, 1996, Data Arsitek, PT. Gelora Aksara Pratama, Erlangga, Jakarta.

SNI 03-1726-2002, Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa Untuk Bangunan

www.en.wikipedia.org/wiki/Green_building, Januari 2009

www.arsitektur.widyakartika.ac.id


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.