PERANCANGAN INDUSTRI PENGOLAHAN CENGKEH DIKOTA TERNATE

Marwiah Jen

Sari


Maluku Utara merupakan Provinsi yang memiliki potensi sumber daya alam

yang melimpah, salah satunya tanaman cengkeh.  Sampai saat ini produksi cengkeh termasuk komoditas andalan pertanian yang paling banyak diusahakan oleh masyarakat selain kelapa dan pala. Tanaman cengkeh memiliki banyak manfaat dalam berbagai bidang industri. Cengkeh juga merupakan komoditas sektor perkebunan yang mempunyai peranan cukup penting antara lain sebagai penyumbang pendapatan petani dan sebagai sarana untuk pemerataan wilayah pembangunan.

            Banyaknya tanaman cengkeh di Maluku Utara, namun daya saing industri

pengolahan tidak di dukung dengan adanya suatu sarana untuk dapat

meningkatakan kegiatan usaha-usaha tersebut. Sehingga di perlukan suatu sarana fisik berupa wadah atau tempat produksi industri pengolahan cengkeh.

            Perancangan Industri pengolahan cengkeh adalah salah satu upaya untuk

menambah lapangan kerja, dengan mengandalkan potensi yang ada untuk mengelola bahan mentah yang ada menjadi bahan setengah jadi atau mengelola bahan setengah jadi menjadi bahan yang sudah benar-benar jadi sehingga memiliki berbagai kegunaan yang lebih bagi kepentingan manusia.

Perancangan industri pengolahan cengkeh dengan menerapkan pendekatan

arsitektur tropis untuk mengatasi perubahan cuaca yang sering terjadi yang akan berpengaruh pada desain bangunan dari segi bentuk, fungsi tata ruang, maupun bahan lingkup bangunan.

 

Kata kunci : Industri Pengolahan Cengkeh, Kota SofifiAbstract


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.