BIMBINGAN MANAJEMEN PEMASARAN DAN PELAPORAN KEUANGAN PELAKU USAHA DI KELURAHAN JATI KOTA TERNATE

Herman Darwis, Riski Wahyu Utami Ohorella, Fitriani Sardju, Iqbal Muhammad Aris Ali

Sari


Sasaran program PKM ini adalah kelompok masyarakat yang produktif secara ekonomi (usaha kecil). Tujuan program adalah untuk mengembangkan masyarakat yang mandiri secara ekonomi. Mitra usaha dalam program ini adalah pelaku usaha di Kelurahan Jati Kota Ternate. Metode yang akan dipakai untuk mencapai tujuan tersebut adalah 1) sosialisasi, 2) bimbingan manajemen pemasaran, dan 3) Pelatihan dan pendampingan penyusunan laporan keuangan. Program ini diharapkan mampu memfasilitasi perkembangan usaha mitra untuk kemudian mampu memberikan multiflier effect bagi usaha sejenis atau usaha lain yang terkait dengannya.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bangsawan, Satria; Mahrinasari; Ernie Hendrawaty. 2004. Lending Model Produk Unggulan Usaha Keripik Pisang di Provinsi Lampung. FE Unila – Bank Indonesia Bandar Lampung.

Bangsawan, Satria. 2005. Pengaruh Informasi Lingkungan Makro Terhadap Strategi Pemasaran Usaha Kecil. Journal of Social Sciences and Humanities. Vol. 7 No.1 (Terakreditasi). Lembaga Penelitian Universitas Padjajaran. Bandung.

Bangsawan, Satria. 2006. Pengaruh Kinerja Bauran Pemasaran Terhadap Daya Saing Usaha Kecil Sektor Industri Kopi Bubuk di Provinsi Lampung. Journal of Socio Economics. Vol. 12 No. 2 (Terakreditasi). Fakultas Pertanian Unila. Bandar Lampung.

Bangsawan, Satria; Mahrinasari; Ernie Hendrawaty. 2008. Pola Pembiayaan Lending Model Usaha Industri Makanan Baso Daging Sapi (Suatu Survei di Provinsi Lampung). BI–FE Unila. Bandar Lampung.

Bangsawan, Satria. 2009. Manajemen Pemasaran Ritel. LP

Universitas Lampung. Bandar Lampung


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.