PELATIHAN STRATEGI PEMASARAN BAGI PKK DI-DESA SAGEA KABUPATEN HALMAHERA TENGAH

Ibnu Sina Hi. Yusuf, Putri Ekawati Darma, Yolanda Mohungo, Laela Laela

Sari


Pemberdayaan Ibu-ibu PKK sebagai anggota masyarakat dan masih tergolong sebagai tenaga kerja produktif sangat penting dilakukan, yang bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran dan kemandirian dalam berusaha, sekaligus memperluas lapangan kerja guna meningkatkan pendapatan keluarga dalam usaha mencapai keluarga yang bahagia dan sejahtera. Dalam kaitannya dengan upaya untuk membina dan mengembangkan potensi keluarga dan daerah, dapat dilakukan melalui berbagai alternatif kegiatan, diantaranya berupa pelatihan Strategi Pemasaran.

Solusi program pemberdayaan yang disepakati meliputi peningkatan kapasitas keilmuan dibidang bisnis yaitu strategi mengidentifikasi peluang bisnis/usaha, serta penigkatan motivasi dan pengetahuan mitra tentang Startegi Pemasaran. PkM ini diharapkan dapat melengkapi wawasan pengetahuan dan keterampilan ibu-ibu PKK dalam berbagai segi kehidupan keluarga, yang dapat digunakan untuk menunjukkan eksistensi dirinya dalam membangun desa Sagea.

Metode Pelaksanaan dalam Kegiatan pengabdian ini berbentuk pelatihan Strategi Pemasaran dalam menangkap peluang bisnis dan peningkatan pemahaman tentang motivasi dalam berinovasi di Desa Sagea, Kecamatan Weda Utara Kabupaten Halmahera Tengah. Kegiatan pengabdian ini memberikan transfer iptek kepada pihak mitra (Ibu-Ibu PKK) oleh pengabdi yang mempunyai kepakaran dibidang Marketing dan Manajemen.

Kegiatan tim PkM dilakukan secara terukur, dan proses evaluasi dilaksanakan untuk mengukur ketercapaian target dan luaran PkM, sehingga identitas pulau Maitara yang kreatif dan dinamis, serta terciptanya wirausaha yang handal yang akan dipublikaskan dalam Jurnal Pengabdian Masyarakat/HKI

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arasti, Fayarjani, dan Imanipour. 2012. “A Study Of Teaching Methods In nterpreneurship Education For Graduate Students” Vol. 2, No. 1

Kamil, Mustofa. 2010. Model Pendidikan Dan Pelatihan, Bandung: Alfabeta. Kanuk & Schiffman, 2010. Consumer Bahavior.Global Edition, Tenth Edition.

Pearson Education: United States Of Amerika.

Kotler, P., 2004. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi Ketujuh. PT. Salemba Empat,Jakarta.

--------------, 2005. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Erlangga, Jakarta. Zeunari, Muchamad., 2012. Perencanaan Strategis Kepariwisataan Daerah:

Konsep dan Aplikasi. e-Gov Publishing, Yogyakarta.

file:///C:/Users/Personal/Downloads/193-572-2-PB.pdf

http://poskomalut.com2019/11/03/goa-boki-maruru-menawarkan-sejura- keindahan/

http://jasamalut.com/2019/01/04/menjaga-alam-untuk-pengembangan- wisata- gua-boki-maruru/

http://www.aman.or.id/2019/01/hikayat-gua-boki-maruru/ http://www.kumparan.com/2020

http://peta-kota.blogspot.com/2017

http://jendelakecildunia.com/2020


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.