Mengelola Referensi Karya Ilmiah Dengan Aplikasi Mendeley

Meliana Meliana, Yustiana Djaelani, Dwi Yana Amalia, Sheila Kusumanigrum

Sari


Mengingat masih banyak yang belum memahami mengenai cara mencari dan membuat sitasi referensi menggunakan sistem aplikasi komputer secara online dan offline. Workshop direncakan akan dilaksanakan dan diikuti oleh Mahasiswa dan Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Bumi Hijrah. Pelatihan dilaksanakan menggunakan pendekatan kolaborasi dalam bentuk ceramah, bimbingan praktek secara langsung, dan membuat model group diskusi agar dapat lebih mudah memahami dan menerapkan aplikasi mendeley desktop.

Mendeley merupakan program komputer dan web yang dikembangkan Elsevier untuk mengelola referensi penelitian, mencari jurnal bereputasi, dan bekerjasama secara daring. Tulisan yang dibuat dengan Microsoft Word bisa dihubungkan dengan software Mendeley sehingga sitasi dan daftar referensi (bibliography) bisa disusun secara otomatis. Kegiatan ini tidak hanya memberikan hasil konkret dalam bentuk peningkatan pemahaman dan keterampilan peserta, tetapi juga memiliki dampak jangka panjang terhadap kualitas penulisan ilmiah dan kesadaran akan literasi informasi. Dengan demikian, pelatihan tentang pengelolaan referensi menggunakan aplikasi Mendeley mampu memberikan manfaat yang signifikan bagi peserta serta masyarakat akademik secara keseluruhanMendeley juga bisa dihubungkan dengan software manajemen referensi lainnya seperti EndNote, Papers dan Zotero. Adapun luaran yang dihasilkan dari kegiatan ini adalah mahasiswa yang bisa mengoperasikan mendeley dekstop dengan baik akan diberikan sertifikat yang diemail langsung oleh tim mendeley

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustiana, I. G. A. T., Tika, I. N., & Wibawa, I. M. C. (2018). Pelatihan Membuat Daftar Isi dan Daftar Pustaka dengan Sekali Klik Berbantuan Mendeley Bagi Para Dosen PTS dalam Menyusun Artikel dan Laporan Penelitian SeKabupaten Buleleng. International Journal of Community Service Learning, 2(2). https://doi.org/10.23887/ijcsl.v2i2.15540

Djamaris, A. R. A., 2017, Panduan Penggunaan Mendeley. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat, Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, Universitas Bakrie, hal 1-35.

Rahmawati, C., Meliyana, M., Yuliana, Y., & Zain, H., 2018, Pelatihan Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Dosen. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(1), hal 30-36.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.