PENDAMPINGAN RUMAH TANGGA NELAYAN DALAM PENGELOLAAN DAN PENINGKATAN PENDAPATAN DI KOTA TERNATE

Muhammad Zais Samiun, Abdurahman Senuk, Suratno Amiro, Musdar Muhammad, Daud Hasyim, Muhammad Thahrim

Sari


Dalam peningkatan kesejahteraan rumah tangga nelayan di Kota Ternate dapat dilakukan apabila pendapatan mengalami peningkatan yang cukup hingga mampu memenuhi kebutuhan dasar untuk kehidupannya. Untuk mencapai maksud tersebut, maka upaya pemberdayaan sangat diperlukan dan diarahkan pada masyarakat khususnya rumah tangga nelayan sebagai pelaku ekonomi perikanan. Salah satu tahapan penting dalam pemberdayaan rumah tangga nelayan adalah tahapan penyadaran dan pengkapasitasan, yang dalam hal ini dapat dilakukan melalui kegiatan penyuluhan dan pendampingan. Luaran yang diharapkan dari kegiatan ini adalah : 1). memberikan penyadaran bagi rumah tangga nelayan tentang potensi yang dimiliki, 2). meningkatkan kapasitas rumah tangga nelayan agar dapat menciptakan kesejahteraannya, dan 3). merekomendasikan strategi pengelolaan dan peningkatan pendapatan bagi rumah tangga nelayan.

Hasil dari kegiatan ini sangat direspon oleh masyarakat khususnya rumah tangga nelayan. Melalui proses diskusi, masyarakat dapat mengidentifikasi potensi yang dimiliki sebagai sumber pendapatan serta memiliki kemampuan untuk mengelola dan meningkatkan pendapatan utama maupun pendapatan sampingannya. Kegiatan ini juga menemukan bahwa karakteristik rumah tangga nelayan yang berdampak terhadap pengelolaan pendapatan, terbentuk dari karakteristik sosial ekonomi dan karakteristik penggunaan teknologi.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Becker, Gary S. 1965. A Theory of the Allocation of Time. J. Econ., September 1964; Vol. LXXV No. 299 : 493-517.

BPS Maluku Utara. 2014. Potret Usaha Pertanian Provinsi Maluku Utara Menurut Subsektor (Hasil Pencacahan Lengkap Sensus Pertanian 2013 dan Survei Pendapatan Rumah Tangga Usaha Pertanian 2013). BPS Maluku Utara. Ternate.

Masri. 2010. Identifikasi Identifikasi Karakteristik Sosial, Ekonomi, Dan Budaya Masyarakat Nelayan Sungai Limau Di Kabupaten Padang Pariaman Dalam Penyediaan Perumahan Permukiman. Tesis. Program Pascasarjana, Magister Teknik Pembangunan Wilayah Dan Kota, Universitas Diponegoro. Semarang

Samiun, M. Z. M. (2022). Optimal island city capacity: Ternate City case. International Journal of Applied Business and International Management, 7(1), 46-58.

Sujarno, 2008. Analisis FaktorFaktor yang Mempengaruhi Pendapatan Nelayan. Internet.http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/7165/1/09E00282.pdf.

Wasak, Martha P. (2010) Keadaan Sosial-Ekonomi Masyarakat Nelayan Dl Desa Kinabuhutan Kecamatan Likupang Barat Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Pasific Journal, 3 (5). pp. 958-962. ISSN 1907-9672


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.