Peningkatan Kualitas Karya Ilmiah Mahasiswa melalui Pelatihan Menghindari Plagiasi

Gregorius Jeandri, Herman Darwis, Amin Dara, Rena Mustari Mokoginta, Mahardika Catur Putriwana, Dwi Yana Amalia Sari Fala

Sari


Fenomena kurangnya pemahaman dalam penulisan akademik dan referensi bagi mahasiswa adalah hal yang penting untuk dikaji. Selain itu, budaya penulisan dan publikasi karya ilmiah bagi mahasiswa, alumni dan dosen juga perlu ditingkatkan, khususnya dalam publikasi jurnal internasional baik bereputasi maupun tidak. Meninjau fenomena tersebut, tim Pengabdian Kepada Masyarakat melakukan kegiatan peningkatan kualitas keterampilan menulis akademik bagi mahasiswa melalui pelatihan menghindari plagiarisme. Workshop ren

cananya diikuti oleh mahasiswa tingkat akhir Universitas Bumi Hijrah Maluku Utara yang membahas tentang mengidentifikasi unsur plagiarisme dalam karya ilmiah dan tata cara pengutipan berdasarkan APA edisi ke-7. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah sosialisasi/ceramah dan diskusi. Kegiatan ini membangun wawasan peserta tentang kesalahan umum dalam penulisan akademik sehingga dapat meminimalkan kesalahan yang mungkin terjadi. Lebih lanjut, pemateri juga membagikan tips bagaimana mempublikasikan artikel penelitian agar diterima di jurnal Internasional. Hal ini tentunya menjadi pengetahuan baru bagi para peserta. Luaran kegiatan ini akan dipublikasi pada jurnal pengabdian kepada masyarakat.


Referensi


Aziz, A. Z., Silfiani, & Mustafa, F. (2020). Plagiarism among junior lecturers in Indonesia: How and why? Humanities & Social Sciences Reviews, 8(3), 86–94.

https://doi.org/10.18510/hssr.2020.8310

Agustina, R., & Raharjo, P. (2017). Exploring plagiarism into perspectives of Indonesian academics and students. Journal of Education and Learning (EduLearn), 11(3), 262– 272. https://doi.org/10.11591/edulearn.v11i3.5828

Calicdan, L. C., Bacaro, R. M. R., Ramo, D. C., & Licayan, R. J. (2021). Sensitivity towards sociocultural plagiarism in the context of varied discipline among college students. International Journal of Asian Education, 2(2), 244–255. https://doi.org/10.46966/ijae.v2i2.121

Carver, J., Dellva, B., Emmanuel, P., & Parchure, R. (2011). Ethical considerations in scientific writing. Indian Journal of Sexually Transmitted Diseases, 32(2), 124–128. https://doi.org/10.4103/0253-7184.85425

Faizuddin, H. (2017). Plagiarism dalam karya atau publikasi ilmiah dan langkah strategis

Sri Wuli Fitriati et. al. | Journal of Community Empowerment 2 (2) (2022): 81-88 pencegahannya. Libria, 9(1), 103–114.

Kurnisar. (2016). Upaya pencegahan dan penanggulangan plagiarisme di perguruan tinggi. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, 3, 125– 134. file:///C:/Users/user/Downloads/4591-9970- 1-PB (1).pdf

Louw, H. (2017). Defining plagiarism: Student and staff perceptions of a grey concept. South African Journal of Higher Education, 31(5), 116–135. https://doi.org/10.20853/31-5-580

Mason, P. R. (2014). Plagiarism in scientific publications. The Journal of Infection in Developing Countries, 3(1), 1–4. https://doi.org/10.3855/jidc.98

Mohammed, R. A. A., Shaaban, O. M., Mahran, D. G., Attellawy, H. N., Makhlof, A., & Albasri, A. (2015). Plagiarism in medical scientific research. Journal of Taibah University Medical Sciences, 10(1), 6–11. https://doi.org/10.1016/j.jtumed.2015.01.007

Mujiyanto, Y., & Fitriati, S. W. (2020). Benang merah, pokok-pokok penulisan karya ilmiah di perguruan tinggi (Perdana Ag). UNNES Press.

Putera, P. B., Kusuma, P. T. W. W., & Kadang, S. (2021). Indonesian international scientific publication trend, 2015-2019. Pustabiblia: Journal of Library and Information Science, 5(1), 77–9

Rets, I., & I y , A. (2 18). Eliciting ELT students’ understanding of plagiarism in academic writing. Eurasian Journal of Applied Linguistics, 4(2), 193–211. https://doi.org/10.32601/ejal.464115

Roig, M., & Ph, D. (2015). Avoiding plagiarism, self-plagiarism, and other questionable writing practices: A guide to ethical writing Miguel. 1– 71. https://ori.hhs.gov/sites/default/files/plagiarism

Rosalia, R., & Fuad, A. J. (2019). Peran dosen dalam meminimalisasi perilaku plagiasi mahasiswa. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 2(1), 61–77. https://doi.org/10.33367/ijies.v2i1.882

Ruslan, R., Hendra, H., & Nurfitriati, N. (2020). Plagiarisme dalam penulisan karya ilmiah mahasiswa: Proses, Bentuk, Dan Faktor Penyebab. KREATIF: Jurnal Studi Pemikiran Pendidikan Agama Islam, 18(2), 147–160. https://doi.org/10.52266/kreatif.v18i2.509

Wibowo, A. (2012). Mencegah dan menanggulangi plagiarisme di dunia pendidikan. Kesmas: National Public Health Journal, 6(5), 195. https://doi.org/10.21109/kesmas.v6i5.84


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.