PELATIHAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN BERDASARKAN SEK-EMKM DAN PERHITUNGAN PAJAK PPH 21 SESUAI PP 58/2023 DAN PAJAK FINAL 4 AYAT 2 PADA UMKM YANG TERDAFTAR PADA DINAS KOPERASI DAN UMKM HALMAHERA UTARA

Fitriana Sardju, Meliana Meliana, Mahardika Catur Putriwana Malik, Kasim Sinen, Gregorius Jendry, Suratno Amiro

Sari


SAK – EMKM adalah standar keuangan yang dikeluarkan IAI untuk memenuhi kebutuhan pelaporan keuangan entitias mikro, kecil dan menengah. SAK – EMKM berlaku efektif tanggal 1 januari 2018 dan penerapan dini dianjurkan. Pengguna SAK – EMKM adalah entitas mikro, kecil dan menengah yang penentuan besaran usahanya diatur dalam UU No. 20 Tahun 2008 dan kemudian mengalami perubahan berdasarkan PP No. 7 Tahun 2021 tentang kemudahan, perlindungan dan pemberdayaan koperasi dan usaha mikro, kecil dan menengah. Kriteria UMKM dalam PP No.7 Tahun 2021 tertuang dalam pasal 35-36 dimana kriteria ditetapkan berdasarkan modal usaha dan penjualan tahunan. Dinas Koperasi dan UMKM Maluku Utara mencatat pertumbuhan UMKM tahun 2021 sebanyak 105.000 UMKM yang terdaftar. Penyebaran UMKM salah satunya berada di Halmahera Utara yang mencapai jumlah 609 UMKM termasuk di dalamnya kecamatan Tobelo yang menjadi tempat pelaksanaan PKM tahun 2024..


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A. C. Y. N. Nuvitasari and N. Martiana, "Implementasi SAK EMKM Sebagai Dasar Penyusunan Laporan Keuangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)," International Journal of Social Science and Business, 2019.

A. H. Gusnardi, Prospek Implementsi Standar Akuntansi: Entitas Mikro, Kecil dan Menengah Berbasis Kualitas laporan Keuangan yang berlaku Efektif per 1 Januari 2018. Cetakan 1., Bandung: The Sadari Institute, 2018.

Kepmendikbudristek No. 210/ M/2023 tentang indikator kinerja utama perguruan

tinggi dan LLDIKTI.

L. S. E. M. M. Hanim, "Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19,"

N. I. Ade Onny Siagian, "Pengetahuan Akuntansi Pelaku Usaha Mikro Kecil dan

Menengah (UMKM) Terhadap Laporan Keuangan," Jurnal Ilmiah Indonesia, 2019.

N. V. Wiratna Sujarweni, Akuntansi UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah), Pustaka

Baru Press, 2019.

Peraturan Pemerintah nomor 7 tahun 2021 tentang Kemudahan, Perlindungan, dan

Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (PP UMKM).

Undang-undang nomor 20 tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah

(UU UMKM)


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.