PEMBERDAYAAN MASYARAKAT KOTA REMPAH: STUDI PADA PENJUAL PISANG GORENG-AER GURAKA DI PANDARA KANANGA KOTA TERNATE

Hartaty Hadady, Abdullah W Jabid, Rahman Dano Mustafa

Sari


Dalam  rangka  membangun  image  Ternate  kota  rempah,  pemerintah membangun sejumlah infrastruktur untuk mencerminkan kota rempah. Salah satu sajian minuman rempah adalah aer guraka yang disajikan bersama dengan gorengan pisang. Tempat yang memadai ini menjadi daya tarik bagi pengunjung, baik masyarakat setempat maupun pendatang. Awal dibukanya Pandara Kananga tempat itu ramai dikunjungi, namun setelahnya jumlah pengunjung berkurang, karena masalah harga. Pendapatan penjual tidak sesuai target dan pembeli merasa bahwa harga paketan tersebut tidak ideal dan tidak logis atau terlalu mahal. Untuk itu maka solusi permasalahan yang akan  kami  tawarkan  adalah  dari  sisi  penjual  harus  membuat  perhitungan  proses  produksi  aer guraka-pisang  goreng  dengan  menggunakan  alat-alat  berupa  timbangan  dan  kalkulator  serta format excel (komputer), karena selama ini perhitungan harga jual hanya menggunakan insting. Untuk itu target kami setelah pelaksanaan PKM, maka penjual dapat menyediakan produknya (aer  guraka-pisang  goreng)  dengan  harga  jual  produk  yang  ideal  (berdasarkan  harga  pokok produksi  dengan  mempertimbangkan  faktor  inflasi,  UMR,  dan  proses  ambil  untung  melalui persentasi  keuntungan).  Solusi  yang  kami  tawarkan  tersebut  membuat  harga  menjadi  lebih bersaing  bagi  konsumen  penikmat  aer  guraka-pisang  goreng  sehingga  jumlah  konsumen meningkat dan penjual akan memperoleh keuntungan. Dan target luaran lainnya adalah publikasi pada jurnal ilmiah dan kegiatan juga dipublikasikan pada media cetak atau media online lokal.

Kata Kunci : City branding, Ternate kota rempah.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Gandhawangi, S. 2022. Cengkeh Afo, â€Buyut†Dari Semua Pohon

Cengkeh. Kompas

Hanafi, M. M. 2008. Manajemen Keuangan. 1 ed. Yogyakarta: BPFE

Intelektual, K., K. H. RI, dan Admin. 2022. Kota Rempah Jadi

Branding Ternate Tingkatkan Nilai Ekonomi. Indonesia:

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual - Kementerian

Hukum dan HAM R.I.

Kementerian Pendidikan, K., Riset, dan Teknolog. 2022a. Jalur

Rempah, Jalur Budaya, Dan Muhibah Budaya Jalur Rempah

: jalurrempah@kemdikbud.go.id

Kementerian Pendidikan, K., Riset, dan Teknologi. 2021. Jalur

Rempah: Memuliakan Masa Lalu Untuk Kesejahteraan Masa

Depan: jalurrempah@kemdikbud.go.id

Kusnadi, dan M. K. Tidore. 2022. City Branding Ternate Kota

Rempah Diakui Nasional IP Info Publik.

Kusumo, R., dan G. N. f. Indonesia. 2021. Hikayat Pohon Afo,

Awal Mula Penyebaran Cengkih Dari Maluku Hingga Afrika.

In Sejarah: Good News from Indonesia.

Salim, M. P. 2023. Cara Menghitung Harga Pokok Produksi,

Ini Fungsi Dan Tujuannya. Liputan 6 (Hot News).

Ternate, P. K. 2022. Wali Kota Ternate Terima Sertifikat Haki

Ternate Kota Rempah. Ternate

Zaman, M. 2021. Bab Ii. Tinjauan Teori, Universitas Atmajaya

Yogyakarta, Yogyakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.