PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK BERITA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DRIIL PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KOTA TERNATE

Justam Wahab, Darlisa Muhammad

Sari


Tujuan Penelitian untuk mengetahui bagaimana peningkatan keterampilan menyimak berita dengan menggunakan metode driil pada siswa Kelas III SMP Negeri 2 kota ternate. Untuk mengetahui Sejauh mana kah keterampilan menyimak berita dengan menggunakan metode driil pada siswa Kelas III SMP Negeri 2 kota ternate.  Metode Penelitian, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Penggunaan metode ini karena masalah yang dibahas adalah masalah yang aktual. Penggunaan metode ini diawali dengan data, menyusun instrument penelitian, menganalisis dan menjelaskan data, Teknik Pengumpulan Data, Observasi. Interviau atau wawancara, Tes, Dokumentasi.  Hasil lembar observasi, Pelaksanaan lembar observasi dalam penelitian ini proses pembelajaran yang telah dilaksanakan baik, kegiatan obsevasi ini dilaksanakan sesuai dengan lembar observasi yang direncanakan yakni kegiatan awal mencakup kegiatan pendahuluan, memberikan apresepsi pembelajaran, memotivasi siswa dan berdoa memulai pembelajaran. Wawancara siswa SMP Negeri 2 Kota ternate, Data penelitian yang telah didapatkan diananalisis secara kualitatif berdasarkan data yang telah didapatkan Sesuai dengan hasil wawancara siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Ternate atas nama siswa yang bernama Santi Alfatih mengatakan bahwa menyimak dengan menggunakan metode driil sangat baik dalam proses pembelajarannya, kami dari siswa guru selalu di wawancarai kami dan kami melaksanakannya dengan baik. Rrekapitulasi data tes yang menjawab obsen a sebanyak 1.675 atau dipersentasikan menjadi 66%, yang menjawab obsen b sebanyak 1.539 atau dipersentasikan menjadi 6.14%, yang menjawab obsen c sebanyak 1.835 atau dipersentasikan menjadi 7.3%, yang menjawab obsen d sebanyak 1.924 atau dipersentasikan menjadi 7.19%, dan yang menjawab obsen e sebanyak 1.875 atau dipersentasikan menjadi 7.3%.

Kata Kunci


Listening; News; Drill Method skills

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto , Suharsimi. (2019). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asep, Umar, Fahrun. (2009). Menjadi Guru Faforit. Jogyakarta: Difa Pres.

Asef, U. Farudin. (2009). Menjadi Guru. Jakarta: Bangun Tapan.

Mahsun. (2005). Metode Penelitian Bahasa Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rostiyah, N.K. (2008). Strtategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Ristonga, Parlaungan. (2010). Bahasa Indonesia Praktis. Medan: Bartong Ja.

Slameto. (2003). Belajar Dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Syaiful, B. Djamarah. (2010). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Suatu Pendekatan Teoritis Psikologis. Jakarta: Rineka Cipta.

Syukur, H.A., Gajali. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dengan Pendekatan Komunikatif – Interaktif. Malang: PT. Refika Aditama.

Sanjaya, Wina. (2009). Strategi Prembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Siti Sulistiyani, Inung setyumi. (2008). Keterampilan Berbahasa. Jakarta: Rineka Cipta.

Tarigan, Henri, Guntur. (2005). Menyimak sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana, Faforit.




DOI: https://doi.org/10.33387/j.bilingual.v14i1.8446

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

EDITORIAL OFFICE:

Gedung FKIP Universitas Khairun, Jl. Bandara Baabullah Kelurahan Akehuda Kota Ternate Utara, 97728

2088-2858 (media cetak)

2774-9681 (media online)

Kontak Person: Saiful Latif (+62 813-4031-4232)

Our Journal has been indexed by:

      

STATISTIK PENGUNJUNG

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.