BAGAIMANA HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 5 KOTA TIDORE KEPULAUAN SETELAH MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER
Abstract
Number Head Together adalah model pembelajaran yang dikembangkan untuk melibatkan banyak siswa dalam menelaah materi yang tercakup dalam suatu pelajaran dan mengecek pemahaman mereka terhadap isi pelajaran tersebut. Pembelajaran Numbered Head Together berisi pertanyaan dengan pengertian-pengertian penting suatu konsep atau suatu sub konsep. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada kelas VIII2 di SMP Negeri 5 Kota Tidore Kepulauan dengan menerapkan model pembelajaran Number Head Together pada konsep sistem pencernaan makanan pada manusia. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas, meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penerapan model pembelajaran Number Head Together dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa antara siklus I dan siklus II. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I diperoleh presentasi 55.20% sedangkan ketuntasan belajar siswa siklus II diperoleh presentase 69.55%. Peningkatan hasil belajar memiliki selisih 14.35%. Sementara itu, untuk aktivitas belajar siswa juga terjadi peningkatan yang cukup besar, yakni 73.75% di siklus I dan 83.25% di siklus II. Peningkatan aktifitas siswa yang terjadi memiliki selisih 9.5%.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.33387/bioedu.v3i2.103
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Journal of Bioeducation
Biology Education Study Program | Faculty of Teacher Training and Education | Universitas Khairun
Jl. Bandara Sultan Baabullah Kelurahan Akehuda, Kota Ternate Utara, Maluku Utara 97728 Indonesia