PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RICOSRE BERBANTUAN VIDEOSCRIBE DAN QUIZZIZ TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA NEGERI 8 KOTA TERNATE

Miftakhul Khasanah, Chumidach Roini, Bahtiar Bahtiar

Sari


Salah satu tujuan utama pendidikan saat ini adalah mengembangkan dan meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) pada peserta didik sejalan dengan perubahan ekonomi dan teknologi serta lapangan pekerjaan. Keterampilan berpikir kreatif peserta didik dapat diintegrasikan melalui proses pembelajaran, diantaranya pembelajaran Biologi dengan memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi seperti video pembelajaran dan Quizziz.  Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran RICOSRE berbantuan video pembelajaran dan Quizziz terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik di SMA Negeri 8 Kota Ternate. Penelitian ini merupakan quasi experiment, dengan menggunakan rancangan pretest-posttest Nonequivalent Control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XII-MIPA yang berjumlah 148 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan uji kesetaraan kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari tiga kelas yaitu kelas XII-MIPA2 dengan model pembelajaran RICOSRE berbantuan video pembelajaran dan Quizziz, kelas XII-MIPA3 dengan model pembelajaran RICOSRE berbantuan video pembelajaran dan XII-MIPA4 dengan model pembelajaran RICOSRE berbantuan Quizziz. Konsep biologi yang diajarkan dalam penelitian ini adalah tentang materi genetik. Sampel penelitian dari ketiga kelas tersebut sebanyak 115 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan soal essay sebanyak 6 butir soal. Analisis data menggunakan uji normalitas dan homogenitas berbantuan SPSS Ver.16.0 For Windows sedangkan uji hipotesis menggunakan uji anacova dan uji lanjut menggunakan uji Tukey HSD. Hasil uji anacova menunjukkan taraf nilai signifikansi 0,000 < 0,05 , sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang nyata model pembelajaran RICOSRE berbantuan video pembelajaran dan Quizziz terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Sedangkan uji lanjut Tukey HSD menunjukkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik yang diajar mengguakan model pembelajaran RICOSRE berbantuan video pembelajaran dan Quizziz berbeda nyata dengan model RICOSRE berbantuan video pembelajaran, model RICOSRE berbantuan video pembelajaran berbeda nyata dengan model RICOSRE berbantuan Quizziz.

Kata Kunci


RICOSRE; videoscribe; quizziz; Keterampilan berpikir kreatif

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran (Revisi Cet.19). Jakarta: Rajawali Press.

Coughlan, A. (2007). Learning to learn: Creative thinking and critical thinking. In DCU Student Learning Resources.

Hariyanti, W. (2020). Pengaruh Integrasi Game Online Quizizz dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Asam Basa. Universitas Negeri Malang.

Irawansyah, R. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Videoscribe Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Biologi Kelas XI SMA Negeri 8 Makassar. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Mahanal, S., & Zubaidah, S. (2017). Model Pembelajaran RICOSRE Yang Berpotensi Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kreatif. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(5), 676–685.

Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran Matematika melalui Media Game Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64–73. https://doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2127

Munandar, U. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Yogyakarta: PT. Rineka cipta.

Parmin, P., Saregar, A., Deta, U. A., & El Islami, R. A. Z. (2020). Attitude, Knowledge, and Application of Indonesian Science Teachers about STEM. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 8(1), 17–31. https://doi.org/10.17478/jegys.647070

Rohayati, S., & Gunawan, G. (2018). Tinjauan Teoretis Pembelajaran Berbasis Videoscribe Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Pada Siswa SMU. PROSIDING SNTP, 1.

Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi| JIITUJ|, 4(2), 163–173.

Sumiati, I. D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Ricosre Dan Kemampuan Akademik Berbeda Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif, Keterampilan Berpikir Kritis, Dan Hasil Belajar Kognitif siswa kelas XI SMAN Kota Malang. Universitas Negeri Malang.

Treffinger, D. J., Young, G. C., Selby, E. C., & Shepardson, C. (2002). Assessing Creativity: A Guide for Educators. National Research Center on the Gifted and Talented.

Yolanda, S. B., Mahardika, I. K., & Wicaksono, I. (2021). Penggunaan Media Video Sparkol Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran IPA di SMP. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(2), 189. https://doi.org/10.24127/jpf.v9i2.3780

Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan, 2(2), 1–17.

Zubaidah, S. (2018). Mengenal 4C: Learning and Innovation Skills Untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. 2nd Science Education National Conference, 13, 1–18.




DOI: https://doi.org/10.33387/bioedu.v5i1.4417

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Bioedukasi has been index on:
 
         

Statistik Pengunjung

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
slot gacor slot