PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN
Sari
Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw merupakan model pembelajaran kooperatif, dengan siswa belajar dalam kelompok kecil yang terdiri dari 4–6 orang secara heterogen dan bekerjasama saling ketergantungan yang positif dan bertanggung jawab atas ketuntasan bagian materi pelajaran yang harus dipelajari dan menyampaikan materi tersebut kepada anggota kelompok yang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri I Sahu, melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, pada materi pencemaran lingkungan. Hasil dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi pencemaran lingkungan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII SMPN I Sahu tahun pelajaran 2013/2014 pada materi pencemaran lingkungan. Presentase aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 51,82% meningkat menjadi 83,32% pada siklus II. Sedangkan presentase ketuntasan belajar pada siklus I di peroleh  nilai rata-rata  16,85 %  kemudian  meningkat  dengan  nilai rata-rata tes  siklus  II yaitu 81,45%. Sedangkan nilai presentase aktivitas guru dalam melaksanakan pembelajaran dengan model jigsaw pada siklus I mencapai 90,47% dan siklus II mencapai 100%.
 Kata kunci: jigsaw, SMPN 1 Sahu, pencemaran lingkungan
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Slavin, R.E. 1998. Educational Psychology: Theory and Practice. Fourth Edition. Boston : Allyn and Bacon.
Slavin, R.E. 2005. Cooperative learning Theory, Research and Practice. Bandung 2nd Ed. Media
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & B. Bandung Alfabeta, CV.
Uzer, Usman, Moh dan Lilis Setiawati. 2002. Upaya Optimalisasi Kegiatan belajar Mengajar. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Winataputra, S. Udin, dkk. 1996. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Depdikbud.
Winkel, W.S. 1991. Psikologi Pengajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada
DOI: https://doi.org/10.33387/bioedu.v2i1.63
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.