Analisis Beban Kognitif Peserta Didik Kelas XI Pasca Pandemi Covid-19 Pada Materi Sistem Indera Tahun Ajaran 2022/2023
Sari
Setiap peserta didik mempunyai kapasitas memori kerja yang berbeda. Banyaknya kegiatan dan kompleksitas materi menyebabkan berlebihnya kapasitas memori kerja peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui beban kognitif peserta didik pasca pandemi covid-19 pada materi sistem indera. Penelitian dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Sampel penelitian sebanyak 35 peserta didik kelas XI MIPA 8 di SMAN 1 Singaparna. Instrumen yang digunakan yaitu soal uraian, angket dan soal pilihan majemuk. Hasil penelitian menyatakan bahwa pada Intrinsic Cognitive Load (menerima dan mengolah informasi) dengan nilai rata-rata 56,8 dengan kategori sedang. Kemudian Extranous Cognitive Load (usaha mental saat pembelajaran berlangsung) diperoleh nilai rata-rata 6,1 termasuk kategori sedang. Kemudian Germane Cognitive Load (pemahaman setelah seluruh materi sistem indera tersampaikan) diperoleh nilai rata-rata 54,7 termasuk kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran pasca pandemi covid-19 membuat peserta didik cukup terbebani, hal tersebut disebabkan perhatian peserta didik yang terbagi, ingatan peserta didik yang menurun, bahasa ilmiah sulit dicerna, penjelasan guru yang kurang jelas dan bahasa yang digunakan cenderung cepat, media ditampilkan kurang jelas dan hanya menggunakan gambar 2D saja. Kemudian peserta didik masih beradaptasi baik dari peserta didik lain, guru, dan materi pembelajaran.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Afidah. (2015). Prinsip-prinsip Teori Beban Kognitif Dalam Merancang Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika (JP2M), Vol. 1 No. 1.
Azwar. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Cooper. (1990). Cognitive load theory as an aid for instructional. Australian Journal of Educational Tecnologi, 108-113.
Fitriana E., Utaya S., Budijanto (2016). Hubungan Persepsi Siswa Tentang Proses Pembelajaran Dengan Hasil Belajar Geografi Di Homeschooling Sekolah Dolan Kota Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan, 1 (4), 662—667.
Jong T. D. (2010). Cognitive Load Theory, Educational Research And Instructional Design: Some Food For Thought. Springer. DOI 10.1007/s11251-009-9110-0.
Kalyuga. (2011). Informing: A Cognitive Load Perspective. (T. G. Gill, Ed.) Informing Science: the International Journal of an Emerging Transdiscipline, 14: 33-45.
Leppink J., Paas F., Tamara van Gog, Cees P.M. van der Vleuten, Jeroen J.G. van MerriënboerFred Paas. (2014). Effects of Pairs of Problems and Examples on Task Performance and DIfferent Types of Cognitif Load. Learning and Instruction 30(2014), 32-42. DOI: 10.1016/j.learninstruc.2013.12.001.
Lin, J & Lin, S. (2013). Cognitive Load For Configuration Comprehension In Computer-Supported Geometry Problem Solving An Eye Movement Perspective. International Journal of Science and Mathematics Education, 12(3), 605–627.
Musdalifah. (2019). Pemrosesan dan Penyimpanan Informasi pada Otak Anak dalam Belajar: Short Term and Long Term Memory. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 17(2), 223-228.
Plass, Moreno & Brunken. (2012). Cognitive Load Theory. Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/CBO9780511844744.003.
Rahmat & Hidriana. (2014). Beban Kognitif Mahasiswa Dalam Pembelajaran Fungsi Terintegrasi Struktur Tumbuhan Berbasis Dimensi Belajar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 20(1), 67-73.
Rahmat A., Soesilawaty S.A., Fachrunnisa F., Wulandari S., Suryati Y., Rohaeni H. (2014). Beban Kognitif Siswa SMA Pada Pembelajaran Biologi Interdisiplin Berbasis Dimensi Belajar. Prosiding Mathematics and Sciences Forum. 476-479. http://prosiding.upgris.ac.id/index.php/masif2014/masif2014/paper/viewFile/467/416.
Rochmayanti, I. (2020). Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Beban Kognitif Siswa Kelas X Jurusan IPA Di SMAN 1 Tumpang Dengan Emosi Akademik Sebagai Variabel Moderasi. [Tesis] UIN Malang. http://etheses.uin-malang.ac.id/27323/
Sahir. (2021). Metodologi Penelitian. Medan: KBM Indonesia.
Sweller, Ayres & Kalyuga. (2011). Cognitive Load Theory. New York. Spinger.
Yohanes, Subanji & Sisworo. (2016). Beban Kognitif Siswa dalam Pembelajaran Materi Geometri. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan, 1(2), 187-195.
DOI: https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i2.6536
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.