Validitas dan Praktikalitas Media Diorama Berbasis AR (Augmented Reality) berbantuan Assembler Edu pada Materi Siklus Air

Irwandi Rahmat, A. Afrinaramadhani Hatta, Salma Samputri, Nurhidayah Nurhidayah

Sari


Di tahun 2024, proses pendidikan di Indonesia sudah dituntut untuk pengaplikasian IPTEK. Siklus air merupakan salahsatu materi pembelajaran Sekolah Dasar di semester genap. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media diorama berbasis Augmented Reality pada materi siklus air serta mengungkapkan tingkat validitas dan praktikalitas dari media tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Ploomp yang terdiri dari tiga tahap, yaitu penelitian awal (Preliminary research), pembentukan prototipe (Prototyping stage), dan tahap penilaian (Assesment phase).instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket validitas dan praktikalitas. Data penelitian ini dianalisis menggunakan formula momen kappa. Uji validitas dilakukan oleh 3 orang dosen pendidikan IPA dan 2 orang guru di SD Impres Limbung. Uji praktikalitas dilakukan oleh 2 orang guru dan peserta didik SD Impres Limbung. Hasil analisis angket validitas, praktikalitas guru dan praktikalitas peserta didik berturut-turut adalah 0,85 0,87 dan 0,86 dengan kategori sangat tinggi. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa media yang dikembangkan berupa diorama berbasis AR sudah valid dan praktis.

Kata Kunci


Diorama, Media Pembelajaran, Siklus Air

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Asral, S. S. T., & Zainul, R. (2020). Pengembangan Konten Pembelajaran E-Learning untuk Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Menggunakan Aplikasi Moodle. Entalpi Pendidikan Kimia, 1(1).

Boslaugh, Sarah, dan Paul A. W. (2008). “Staticitics in a nutshell, a desktop quick reference”. Beijing: Cambridg, e Famham, Koln, Sebastopol, Taipei, Tokyo: O”reilly.

Faiza, M. N., Yani, M. T., & Suprijono, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran IPS Berbasis Augmented Reality untuk Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan Siswa. Jurnal Basicedu, 6(5), 8686-8694.

Febriza, M. A., & Adrian, Q. J. (2021). Penerapan AR dalam Media Pembelajaran Klasifikasi Bakteri. Jurnal BIOEDUIN, 11(1), 10-18.

Ismilasari, Y. (2013). Penggunaan media diorama untuk peningkatan keterampilan menulis Karangan narasi pada siswa sekolah dasar (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).

Lidinillah, D. A. M. (2012). Educational design research: a theoretical framework for action. Tasikmalaya: Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya.

Moto, M. M. (2019). Pengaruh penggunaan media pembelajaran dalam dunia pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20-28.

Muhammad, I., Yolanda, F., Andrian, D., & Rezeki, S. (2022). Pengembangan media interaktif menggunakan adobe flash CS6 profesional pada materi relasi dan fungsi. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 4(1), 128-140.

Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., & Hasna, S. (2022). Menerapkan metode pembelajaran berorientasi student centered menuju masa transisi kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 8839-8848.

Plomp, Tjeerd. (2007). “Educational Design Research: An Introduction”, dalam An Introduction to Educational Research. Enschede, Netherland: National Institute for Curriculum Development.

Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2020). Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran sebagai upaya peningkatan kompetesnsi pedagogik. Publikasi Pendidikan, 10(3), 189-196.

Putra, I. K. D., & Suniasih, N. W. (2021). Media Diorama Materi Siklus Air pada Muatan IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 238-246.

Suryana, D., & Hijriani, A. (2022). Pengembangan media video pembelajaran tematik anak usia dini 5-6 tahun berbasis kearifan lokal. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1077-1094.

Yanto, D. T. P. (2019). Praktikalitas media pembelajaran interaktif pada proses pembelajaran rangkaian listrik. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 19(1), 75-82.

Zakiy, M. A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Pada Materi Bangun Ruang (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).




DOI: https://doi.org/10.33387/bioedu.v7i1.8046

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Bioedukasi has been index on:
 
         

Statistik Pengunjung

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.