ANALISIS POLA ASUH OTORITER ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL ANAK

Bahran Taib, Dewi Mufidatul Ummah, Yuliyanti Bun

Sari


Pola asuh otoriter adalah bentuk pola asuh yang menekankan pada pengawasan orang tua agar anak tunduk dan patuh. Orang tua memiliki pola asuh otoriter bersikap pemaksa, keras dan  kaku dimana orang tua akan membuat berbagai aturan yang harus di patuhi oleh anak-anaknya tanpa mau tahu perasaan sang anak. Orang tua akan emosi dan marah jika anak melakukan hal yang tidak sesuai dengan yang diinginkan oleh orang tuanya. Pola asuh otoriter seringkali dianggap sebagai pola asuh yang bisa mengganggu perkembangan anak. Beberapa fakta penelitian menunjukkan hasil bahwa pola asuh otoriter bisa berdampak negatif terhadap perkembangan anak tetapi terdapat hasil penelitian bahwa pola asuh otoriter bisa memiliki dampak positif terhadap perkembangan moral anak. Pola asuh otoriter juga memberikan dampak positif pada perilaku anak jika aturan yang dibuat orang tua bersifat wajib dilaksanakan seperti sholat, anak akan rajin beribadah dan sopan serta taat kepada orang tua. Pola asuh otoriter juga berdampak negatif jika orang tua terlalu menekan anak sehingga menjadi keras kepala, susah diatur, serta tidak taat kepada orang tua, hal ini disebabkan karena anak merasa dibatasi kebebasannya, dipaksa dan menghukum anak jika salah sehingga anak melampiaskan perasaan-perasaannya dengan bertindak sesuai keinginannya. Diharapkan orang tua bisa menerapkan pola asuh yang baik sesuai dengan kebutuhan anak agar perkembangan anak dapat berkembang dengan baik terutama pada aspek perkembangan moral anak.

Authoritarian Parenting is the kind of parenting that emphasize on parents rules in order that children become submissive and obedient. The authoritarian parenting is strict, hard and stuff which they have the strict rules must be followed by the children with no discussion or compromising. They will be emotional and angry if the children do not be obedient. This parenting is seen as disturbing children development. Some research fact showed the result of  authoritarian parenting have negative  impact on children but it have positive impact on children development. The parents must make the rule for the activities likes prays, polite, and obedient. The negative impact of authoritarian parenting if the parents strict the children and the children feel restricted, children have a difficult time managing their anger and are very resentful. The parents should use the better parenting based on children development particularly on moral development.


Kata Kunci


Pola Asuh Otoriter, Perkembangan Moral

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Brown, Carol. 2008. Developmntal Psychology. Singapure: Sage

Demayanti, Fila.2019. Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Perilaku Sosial Anak Di Kelompok B1 TK Kemala Bhayangkari 01 Pim Staf Besusu Tengah. Artikel, Universitas Tadilako, No. Stambuk: A 411 31 008.

Demista. 2013. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT RemajaRosdakarya

Dewi, NPAR dan Susilawati, LKPA.2016. Hubungan Antara Kecenderungan Pola Asuh Otoriter(Authoritarian Parenting Style) Dengan Gejala Perilaku Agresif Pada Remaja.https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/view/25226. Diunduh pada sabtu 11 juli 2020.

Hurlock, Elizabeth B. 1991. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Rentang Kehidupan.Jakarta: Erlangga.

Hidayati, NI. 2014. Pola Asuh Otoriter Orang Tua, Kecerdasan Emosi, Dan Kemandirian Anak SD.https://jurnal.untagsby.ac.id/index.php/persona/article/view/364.Diunduh pada sabtu 11 juli 2020.

Hos, HJ, dan Roslan, Suharty Hj. 2016. Dampak Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Anak.https://media.neliti.com/media/publications/245945-none-c9988725.pdf. Di unduh pada sabtu 11 juli 2020.

Hafiz El Subhan&Almaududi A’la Abul,Peran Pola Asuh Otoriter Terhadap Kematangan Emosi Yang Dimoderatori Oleh Kesabaran https://www.google.com/search?q=peran+pola+asuh+otoriter+terhadap+kematangan+emosi+yang+dimoderatori+oleh+kesabaran&oq=peran+pola+asuh+otoriter+terhadap+kematangan+emosi+yang+dimoderatori+oleh+kesabaran&aqs=chrome..69i57j69i 59j69i60j69i61.2156j0j7&sourceid=chrome&ie=utf-8 Diunduh pada kamis 16 juli 2020.

https://indotimur.com/ternate/asik-main-play-station-21-pelajar-terjaring-razia-satpol-pp-kota-ternate. Di unduh pada rabu 29 juli 220

Jannah, Husnatul. 2012. Bentuk Pola Asuh Oramgtua Dalam Menanamkan Perilaku Moral Pada Anak Usia Di Kecamatan Ampek Angkek.http://ejournal.unp.ac.id/index.php/paud/article/view/1623.Di unduh pada sabtu 11 juli 2020.

Kustanti, R. 2014. Pengaruh Pola Asuh Otoriter Orang Tua Terhadap Konsep Diri Anak.https://scholar.google.com/scholar?um=1&ie=UTF- 8&lr&q=related:raopSxw0ujMj5M:scholar.google.com/.Diunduh pada sabtu 11 juli 2020.

Morisson. 2016. Pendidikan Anak Usia Dini Saat Ini. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Rahayu dkk.2008. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kesehatan Mental Remaja. Jurnal Keperawatan Unpad (Nursing Jounal of Padjajarr University), 10(18)

Santrock, J. W. 2002. Life-Span Development Perkembangan Masa Hidup, Edisi ke Lima.Tej.Juda Dumanik dan Achmad Chusairi. Jakarta: Erlangg Shochib, Moh. 1998. Pola Asuh Orang Tua. Rineka Cipta: Jakarta.

Situmorang Zulida Nina, Ismail Namira, Muarifah Alif, Wahyudi Urio, Kenakalan Remaja Dilihat Dari Pola Asuh Permisif Orangtua dan Kontrol Diri Siswa SMU di Kota Ternate.http://www.appptma.org/wp-content/uploads/2019/07/11.978-602- 50710-9-6.pdf Di unduh pada rabu 29 juli 2020.

Yusuf, Syamsu. LN. (2011). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Yuliyanti, Yupit. 2017. Pola Asuh Orang Tua Dalam Membentuk Perilaku Moral Pada Anak Remaja.https://media.neliti.com/media/publications/129097-ID-pola-asuh-orangtua- dalam-membentuk-peril.pdf. Diunduh pada jumat 10 juli 2020.




DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v2i2.2090

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara