PERAN KEGIATAN MENGECAP DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN

Farida Iksan, Rosita Wondal, Umikalsum Arfa

Sari


Kreativitas sangat penting dimiliki oleh seorang individu termasuk pada anak usia dini yang merupakan genarasi penerus bangsa. Oleh karena itu kreativitas perlu dikembangkan sejak dini dengan berbagai kegiatan. Salah satu kegiatan yang dapat membantu mengembangkan kreativitas anak yaitu dengan kegiatan mengecap. Penelitian kajian literatur ini dilakukan dengan tujuan untuk mengkaji tentang peran kegiatan mengecap dengan menggunakan alat dan bahan alam di lingkungan sekitar (buah belimbing dan pelepah pisang) dalam rangka mengembangkan kreativitas anak. Hasil yang diperoleh dari kajian ini adalah kegiatan mengecap dengan menggunakan buah belimbing dan pelepah pisang berperan dalam mengembangkan kreativitas anak. Dengan kegiatan mengecap, kemampuan imajinasi anak akan berkembang untuk menuangkan ide-ide baru, anak mampu berpikir dan membentuk suatu karya yang baru dan menarik.

 

The creativities are certainly substantial to everyone as personal instead of children such as the next generation of the nation. In this case, needs the creativity to develop children throughout any activities at an early age. The stamp is the one activity that can help to enhance children's creativity. This research of literature examines the main role of stamp activity throughout the tools and materials of the environment surrounding (Star fruit and stem of the banana bunch) in the development of children's’ creativity.  The results of this research are the activities using Star fruit and the stem of the banana bunch in the development of children’s creativity. By using stamp activity, will develop children's skills of imagination to explore new ideas, creative thinking, and create new things and interesting.


Kata Kunci


Kegiatan Mengecap, Kreativitas Anak

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdurrahman, J. (2005). Tahapan Mendidik Anak. Bandung: Irsyad Baitus Salam

Abdussalam, A. (2005). Mengembangkan kreativitas anak. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Bruce, T. (2004). Cultivating creativity in babies, toddlers and young children. London: Hodder Education.

Craft, A. (Ed). (2005). Creativity in Schools Tensions and Dilemmas. New York: Routledge.

Desmita. (2010). Psikologi Perkembangan. Cet. Ke-IV. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset

Dadvar, Rahmatollah, Mohammadrezaii, & Fathabadi, Maryam Habibi. (2012). The Relationship between Emotional Intelligence and Creativity of Female High School Students in Baft City. Journal of Basic and Applied Scientific Research 2(4)4174-4183, 2012 ISSN 2090-4304

Destiani Ardita, Sri Saparahayuningsih, Wembrayarl, 2016. Upaya peningkatan kreativitas seni rupa siswa melalui teknik pencetakan dengan bantuan Media asli, Jurnal Ilmiah Potensia, 2016, Vol.1 (1),7-14

Ernawati Nuring, SPd, (2018). Mengecap Dengan Bahan Alam, Anak Lebih Kreatif Guru Tkit Ulul Albab 2 Purworejo. http://jatengpos.co.id/mengecap-dengan-bahan-alam-anak-lebih-kreatif/

Fauziah Nadia, 2013. Penggunaan Media Bahan Alam Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak., PG PAUD FIP Universitas Negeri Jakarta, Jurnal Ilmiah VISI P2TK PAUD NI - Vol. 8, No.1, Juni 2013

Juniari Ni Wayan, Made Putra, Ni Nyoman Ganing. 2016. Penerapan Metode Demonstrasi Melalui Kegiatan Mencetak Berbantuan Bahan Alam Untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksh Vol 4, No 2 (2016)

Kusumawardani, Ratih dkk (2018). Profil Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Jurnal Ilmiah VISI PGTK PAUD dan DIKMAS - Vol. 13, No. 1, Juni 2018

Khasanah, Irodatul (2019). Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Mencetak (Mengecap) Di Kelompok Bermain Paud Subulus Salam Sarirogo Sidoarjo, Skripsi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Istiriyani, (2015). Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Mencetak Menggunakan Media Pelepah Untuk Anak Kelompok B Tk Pkk 115 Mangiran Bantul Diy, Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta

Irodatul Khasanah, 2019. Peningkatan kreativitas anak melalui kegiatan mencetak (mengecap) di kelompok bermain PAUD Subulus Salam Sarirogo Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.Digital library, http://digilib.uinsby.ac.id/38887/

Kolipah, (2015). Meningkatkan Kemampuan motorik Halus Melalui Kegiatan Mengecap Dengan Pelepah Pisang Pada Anak Kelompok B Tk Pkk Pamongan II Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri, Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri

Lee, Kyung-Hwa. (2005). The Relationship Between Creative Thinking Ability and Creative Personality of Preschoolers. International Education Journal 6 (2), 1994-199 ISSN 1443-1475. Shannon Research Press

Lestari, B. (2006). Upaya Orang Tua dalam Pengembangan Kreativitas Anak. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, Vol.3 No. 1, April 2006.

Lerin, Christine. (2009). Permainan untuk Meningkatkan Kecerdasan dan Kreativitas Buah Hati. (Alih Bahasa: Heny Fitria Puspita Sari) Jakarta: Transmedia.

Munandar, Utami. 2014. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Munandar Utami, Strategi & Keberbakatan (Strategi Mewujudkan Potensi Kreativitas & bakat, Jakarta, Gramedia, 1999.

Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat, Jakarta: Rineka Cipta, 2009

Marisa, Dela (2019). Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Seni Membatik Dengan Mengecap Dari Buah Belimbing Di TK Harapan Ibu Sukarame Bandar Lampung, Skripsi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Masganti Sit, dkk, Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini (Teori dan Praktik), Medan : Perdana Publishing, 2016.

Muninggar, R, Bernadeta, (2014). Peningkatan Kreativitas Melalui Kegiatan Mencetak Pada Kelompok B Di Tk Pertiwi Caturharjo Ngaglik, Caturharjo, Sleman, Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta

Ngalimun, dkk. (2013). Perkembangan dan Pengembangan Kreativitas.Yogyakarta: Aswaja Pressindo

Palaniappan, Ananda Kumar. (2006). Academic Achievement of Groups Formed Based on Creativity and Intelligence. Journal. Malaysia: Universty of Malaya

Rezieka Dara Gebrina, 2019. Penggunaan Media Bahan Alam Pelepah Pisang Untuk Meningkatkan Seni Karya Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Bungong Meulu Kecamatan Bubon Kabupaten Aceh Barat. Skripsi thesis, UIN ar-raniry. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10594/

Ristiani Desi dan Badroeni, 2017. Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Mencetak dengan Menggunakan Bahan Alam, vol 2 no 1 (2017): jurnal pelita PAUD

Turyani E.M Sri dan Wondal Rosita, (2018). Pengembangan Kreativitas Pembelajaran Pada Anak Usia Dini. Penerbit Chivita Books.

Supriyadi Dedy, Kreativitas Kebudayaan dan Perkembangan Iptek. Bandung: Alfabeta. 1994.

Semiawan, Conny R. (2009). Memupuk Bakat dan Kreativitas Siswa Sekolah Menegah. Jakarta: Gramedia.

Sumanto,(2005). pengembangan kreativitasanak usia TK. Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Sumanto. (2005). Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak TK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana

Sit Masganti, dkk. 2016. Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.

Suratno, Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini (Jakarta: Depdiknas, 2005)

Sudarso. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, [S.l.], v. 2, n. 4, p. 338-343, oct. 2018. ISSN 2598-2877.

Tiwuk Agustiningsih. 2018. Efektivitas Kegiatan Mencetak dengan Berbagai Media dalam Meningkatkan Kemampuan Dasar Seni Anak pada Kelompok B di TK Yos

Utami Munandar, SCU. 1992. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah: Petunjuk Bagi Guru dan Orangtua. Jakarta: Depdikbud.




DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v2i2.2109

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara