ANALISIS PEL AKSANAAN PEMBELAJARAN SENTRA BALOK PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

Sumariati Ode-alumu, Farida Samad, Rita Samad

Sari


Abstrak: Sentra balok merupakan sentra yang disediakan bagi pendidikan anak usia dini. Pada zona balok tersedia beragam jenis dan ukuran yang disertai aksesoris pendukung alat main peran.  Melalui sentra balok anak-anak belajar mengenal bentuk, ukuran, konsep ruang, klasfikasi, team work, mengembangkan imajinasi, dan menghargai pendapat orang lain. Penelitian ini bertujuan menganalisis pelaksanaan pembelajaran sentra balok anak usia 5-6 tahun. Dalam pelaksanaan pembelajaran sentra balok ketika anak bermain balok guru memberikan motivasi dan bantuan pada anak yang membutuhkan serta melakukan penilaian. Evaluasi pembelajaran menggunakan penilaian berupa hasil karya anak. Dalam kajian ini penulis menggunakan metode literatur dengan serangkaian kegiatan pengumpulan data pustaka, buku-buku, serta tulisan yang terkait dengan judul penelitian. Selain itu, sentra balok juga dapat mengoptimalkan daya fikir, daya cipta, dan kreaktifitas serta mampu mengembangkan daya imajinasi. Dalam sentra balok terdapat 4 (empat) pijakan, yaitu : 1) pijakan lingkungan sebelum main, 2) pijakan sebelum main, 3) pijakan saat main, 4) pijakan sesudah main. Hasil Pembelajaran sentra balok aktifitas anak dapat meningkatkan 6 aspek yakni nilai agama moral, fisk motorik, kognitif, sosial emosional, bahasa dan seni.

Kata Kunci: Pembelajaran, Sentra Balok, Anak Usia Dini


Kata Kunci


Pembelajaran, sentra balok anak usia dini

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aunurrahman. 2012. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung. Penerbit Alfabeta

Ariyanti, Tatik. 2016. Pentingnya pendidikan anak usia dini bagi tumbuh kembang anak.

Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar. Vo 8, No1 1, Maret 2016:50-58.

Azhari Adi, Mukti. 2017 Aplikasi Pembelajaran Sentra Persiapan Untuk Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Android. Jurnal Dinamika Iformatika. (2017) 287

Eka Fitriana. 2018. Model Pembelajaran Di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu (Tt) QurrotaA’yubandar lampung. (Skripsi) Universitas Lampung. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.

Fatmawati Dan Latif, Abdul Muhammad. 2019. Implementasi Model Pembelajaran Sentra Di TK AmalInsani Yogyakarta. Jurnal IlmuTumbuh Kembang Anak Usia Dini. Volume 4 No 2.Juni 2019.

Fitriani, Riskia Dan Rohita. 2019. Penanaman Kemandirian Anak Melalui Pembelajaran Di Sentra Balok. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora.Vo 5. No.1.Maret 2019.

Fatchuriyah, Azimatul Risa , 2014. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Usia 3-4 Tahun Melalui Permainan Balok Unit Di Sentra Balok. Skripsi Universitas Negeri Semarang: Fakultas Ilmu Pendidikan:

Hermansyah. 2019. Pembelajaran Melalui Sentra Seni Dalam Mengembangkan Kreaktifitas Anak Usia Dini. Jurnal. Vo 6. Nomor 1. April 2019.

Hamzah, Nur. 2016. Pelaksanaan Pembelajaran BCCT Bagi Anak Usia Dini; Study Pelaksanaan BCCT Di Tk Islam Mujahidin Pontianak. Jurnal Pemikiran Pendidikan Islam. Vo. 10 No 2 (2016) 119-132.

Harlistyarintica, Yora . 2019. Pelaksanaan Pembelajaran Sentra Balok Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK MasjidS yuhada Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Nasichah, Dhuriyatun. 2017. Implementasi model pembelajaran sentra balok anak kelompok B di TK khadijah pedegiling Surabaya. Jurnal PAUD Teratai. Vo 3.

Nuarani Dan Yuliani. 2016. Sentra Balok Tema: Pertokoan. Jakarta: Indocam Prima

Nurani, Yuliani Dan Mayangasr, Trias i. 2017. Pengembangan Model Kegiatan Sentra Bermain Dalam Mengembangkan Kraktivitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia dini. Vo 11 Edisi 2, November 2017.

Nurul, Zahriani Dan Reiska, Primanisa . 2020.Tindak Lanjut Hasil AsesmenTerhadap Pelaksanaan Pembelajaran Anak UsiaDini Di Taman Kanak-Kanak (TK): Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal.

Pertiwi, Hana Puput. 2020. Implementasai Pembelajaran Sentra Balok Dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Aisyiyah Pucangan 1 Kartasura. Skripisi. Fakultas Ilmu Tarbiyah Insitut Agama Islam Negeri Surabaya.

Rika, Ajeng Dan Nopiana. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Sentra Bahan Alam Terhadap Kemampuan Sains Dan Berbicar anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vo. 11 Edisi April 2017.

Samad, Farida Dan Alhadad, Bujuna. (2016, november 30). jurnal pendidikan usia dini. implementasi metode beyond center and circle time (bcct) dalam upaya penaman nila-nilai agama islam di kelompok b taman kanak-kanak kalifah kota ternate, 10(2), 234-235. Retrieved november 30, 2016, from

https://media.neliti.com/media/publications/11852-id-none.pdf

Sholikhah, Mar’atus Gustin. 2016. Model Pembelajaran Sentra Balok Modifikasi Terhadap Kemampuan Kognitif Memahami Konser Ukuran Pada Anak Autis Di TK. Jurnal pendidikan khusus.

Slamet, Suyanto. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktor Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan Dan Ketenagaaan Perguruan Tinggi.

Syamsuardi Dan Hajerah. 2018. Penggunaan model pembelajaran pada taman kanak-kanak kota Makassar. Jurnal CARE 5(2).

Tamin, Wismiarti. 2010. Pendidikan Karakter Melalui Metode Sentra. Jurnal Akrab. Vo 1 Edisi 3 September 2010 Tamin.




DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v3i1.2131

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara