TINJAUAN TENTANG KEMAMPUAN MOTORIK HALUS DENGAN KEGIATAN KOLASE SEBAGAI PERSIAPAN MENULIS ANAK TUNA GRAHITA RINGAN

Satna Moniru, Rosita Wondal, Rita Samad, Nurhamsa Mahmud

Sari


Abstrak: Motorik halus merupakan kemampuan mengkoordinasikan gerakan-gerakan fisik yang melibatkan bagian-bagian tubuh tertentu saja dan dilakukan oleh otot-otot kecil, seperti jari jemari tangan dan gerakan pergelangan tangan dan koordinasi mata. Adapun salah satu kegiatan yang dapat diterapkan dalam mengembangkan kemampuan motorik halus anak yaitu dengan menggunakan kegiatan  kolase guna  mengembangkan kemampuan motorik halus.  Kegiatan kolase dalam kajian ini adalah menghias pada kertas polos dengan teknik menempel. Adapun cara yang dilakukan dalam kegiatan ini yaitu kertas polos bentuk segiempat buat bentuk pola dengan cara menggaris pada beberapa bagian kertas menggunakan pensil atau spidol warna dan membentuk pola  sesuai dengan keinginan kemudian pemberian lem pada bagian yang akan di tempel dengan bahan alam sehinga membentuk  sebuah  karya yang di inginkan oleh anak tuna grahita ringan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan pendekatan studi literatur (library research). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan kegiatan kolase dapat membantu mengembangkan  kemampuan  motorik  halus  anak tuna  grahita  ringan.

Kata kunci: Kegiatan Kolase, Motorik Halus, Anak Tuna grahita Ringan

Kata Kunci


Kegiatan Kolase, Motorik Halus, Anak Tuna grahita Ringan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aisyah Siti, dkk, 2008. Perkembangan dan konsep dasar perkembangan anak usia dini. Jakarta : Universitas Terbuka.

Anggraheni Ika, 2019. Profil Perkembangan Motorik Halus Dan Kreativitas Anak Kelompok B Dalam Kegiatan Cooking Class, THUFULI: Jurnal Pendidikan IslamAnak Usia Dini, VolumeINomor 1Tahun 2019.

Ardy. Novan. W, 2005 Manajemen PAUD Bermutu. Jogjakarta: Penerbit Gava Media jogyakarta

Depdiknas. 2003. Undang-Undang pendidikanNasional No 20 Tentang sistem

pendidikan Nasional. Jakarta : Depdiknas.

Danim, P. D. S. 2014. Perkembangan peserta didik bandung : penerbit Alfabeta.

Dwi Nomi Putra. 2019. Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kolase Media Serutan Pensil :Jurnal Ilmiah Potensia, Vol 4.Nor 2 ( Diakses Mei -20 -2020 ).

Fitri Aida, SyaifulBahri, Fajriani. 2018.Penggunaan Media Kolase Untuk Meningkatkan Kemampuan Gerak Otorik Halus Siswa Tunagrahita Ringan Di Sekolah Sdlb Negeri Banda Aceh : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling Vol 3. Nor 4 (Diakses Mei 20 2020 ).

Juniyanasari Put, Ketut Pudjawan, Putu Rahayu Ujianti, 2015. Penerapan Pembelajaran Kontekstual Melalui Cooking Class Untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Pada Anak. e-Journal Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (Volume 3 No. 1-Tahun 2015).

Murtie, Afin 2017 Ensiklopedia Anak berkebutuhan khusus .jakarta : Penerbit Maxima.

Mulyana Novi, 2018 perkembangan dasar anak usia dini. Yogyakarta: Penerbit gaya media.

Mursid, M. 2015. Belajar Dan Pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nur Khasana 2019. Meningkatkan kreatuvitas melalui kegiatan kolase pada anak, : jurnal ilmiah tumbuh kembang anak usia dini volume. 4 nomur 1 (diakses 20-mei-2020).

Nurkhasanah, Alfiyanti 2019. Perkembangan motorik halus anak melalui kegiatan membatik jumputan pada kelompok B3 di RA Ar Raihan bantul yogyakarta :skripsi, universitas islam negri sunan kalijaga ( diaksrakan 23 januari ).

Paraswati, E. 2013. Membatik Dengan Tepung Untuk Meningkatakan Keterampilan Motorik Halus Anak Di TK Negeri Pembina. Yogyakarta: Skripsi. Universitas Negeri yogyakarta.

Rinarki,A, J, 2018. Pendidikan dan bimbingan anak berkebutuhan khusus,bandung, PT remaja rsdakarya.

Suyanto Slamet, 2005. Konsep dasarpendidikan anak usia dini. Jakarta : depertemen pendidikan nasional direktorat jendral pendidikan tinggi direktorat pembinaan pendidikan tenaga kependidikan dan ketenangan perguruan tinggi.

Sumantri. M. S, 2005. Model pengembangan keterampilan motorik anak usia dini. Jakarta: departemen pendidikan nasional direktrorat jendtal pendidikan tinggi direktorat pembina pendidikan tenaga kependidikan dan tenaga perguruan tinggi.

Setia Ningsih. 2015. Identifikasi Perkembangan Keterampilan Motorik Halus Anak Dalam Berbagai Kegiatan Main Di Kelompok : JurnalPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Edisi 7 Tahun Ke-4 ( Diakses 20 Mei 2020 ).

Siti amsoh. 2016. Meningkatkan memampuan motorik halus anak melalui kegiatan kolase dengan media yang bervareasi pada anak kelompok B ra al mufidah kabupaten tangerang: jurnal ilmiah prosiding ilmiah nasional guru ( ting ) VIII ( diakses 18 mei 2020)




DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v3i1.2135

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara