ANALISIS DAMPAK COVID-19 DALAM PROSES PEMBELAJARAN DARING PADA KELAS B4 DI PAUD TELKOM TERNATE
Sari
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak Covid-19 dalam proses pembelajaran daring di rumah pada siswa kelas B4 di PAUD Telkom Ternate. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang di tujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang fenomena atau aktivitas sosial. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dampak Covid-19 dalam proses pembelajaran daring tidak hanya terjadi pada anak namun juga pada orang tua dan guru, yaitu stres yang dialami oleh anak dan orang tua. Selain itu anak juga mengalami penurunan capaian perkembangan, kehilangan semangat belajar, beresiko kehilangan pembelajaran, serta korban kekerasan verbal. Sedangkan dampak yang dirasakan oleh guru yaitu kurang optimalnya dalam proses penilaian perkembangan terhadap anak.Â
Kata Kunci: Covid-19, Pembelajaran Daring, Anak
Â
Abstract: This study aims to analyze the impact of Covid-19 in the online learning process at home in grade B4 students at PAUD Telkom Ternate. This type of research is descriptive qualitative which aimed at describing and analyzing social phenomena or activities. The data collection techniques used were interviews and documentation. Based on the results of research on the impact of Covid-19 in the online learning process, it does not only affect children but also parents and teachers; the children and the parents were stress in facing the situation. In addition, children also had a declining developmental achievement, lost their learning motivation, were at risk of losing learning, and became the victims of verbal violence. Meanwhile, the impact felt by the teacher was less optimal in the process of assessing the development of children.
Key Words: Covid-19, Online Learning, children
Â
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aji, R. H. S. 2020. Dampak Covid-19 pada Pendidikan Indonesia: sekolah, keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Jurnal Sosial & Budaya Syar-i Vol. 7 No. 5 (2020), pp. 395-402. Diakses pada tanggal 05 Agustus 2020 http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/salam/article/view/15314
Akbar, E. 2020. Metode Belajar Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana
Ali, Z.Z. 2020. Peran Dan Fungsi Keluarga Dalam Pendampingan Pendidikan Anak Ditengah Pandemi Covid-19. JSGA Vol. 02 No. 01. Diakses pada tanggal 30 Novermber 2020. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/jsga/article/view/2379
Anita, W., Ayriza,Y. 2020. Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi. Volume 5 Issue 1 (2021) Pages 772-782. Diakses pada tanggal 28 Oktober 2020. 10.31004/obsesi.v5i1.705
Anugraha, A. 2020. Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 10 No. 3, 282-289. Diakses pada tanggal 28 Oktober 2020. https://ejournal.uksw.edu
Azizah, N.F. 2020. Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama Pandemi COVID-19 melalui Publikasi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 5 Issue 1 (2021) Pages 373-384. Dakses pada tanggal 2 Januari 2021. Yogyakarta.
Barseli, M. dkk. 2020. Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling dan Pendidikan. Volume 5 Nomor 3, 2017, Hlm 143-148. Diakses pada tanggal 2 November 2020.
Biki N. L. 2015. Pelaksanaan Program Parenting Kelompok Bermain (Kb) Prima Sanggar Dalam Mendorong Keterlibatan Orang Tua Pada Pendidikan Anak. Skripsi. Fakultas ilmu Pendidikan. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyajarta.
Briliannur, Dwi C. Dkk. 2020. Analisis Keefektifan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah dasar. Diakses pada tanggal 2 Januari 2021
Dewi, W. A. F. 2020. Dampak covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di sekolah dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 2 Nomor 1 April 2020 Halm 55-61. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/89/pdf. Diakses pada tanggal 3 Agustus 2020.
Gusti, S. dkk. 2020. Belajar Mandiri: Belajar Daring di Tengah Covid-19. Yayasan Kita Bisa Menulis.
Hafidz, M. N. 5 September 2020. Dampak Psikologis Belajar dari Rumah bagi Anak dan Orang Tua. https://ayobandung.com/read/2020/07/14/106417/dampak-psikologis-belajar-dari-rumah-bagi-anak-dan-orang-tua
Jr, Fahrur. 2020. Efektivitas Pembelajaran. Mas Firda
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2020. Dokumen Resmi dan Protokol Penanganan COVID-19. Diakses pada tanggal 2 Agustus 2020 https://www.kemkes.go.id/article/view/20031700001/Dokumen-Resmi-dan-Protokol-Penanganan-COVID-19.html.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2020. Situasi Terkini Perkembangan Coronavirus Disease (COVID-19) 8 Mei 2020. Diakses pada tanggal 6 Agustus 2020 https://covid19.kemkes.go.id/situasi-infeksi-emerging/info-corona-virus/situasi-terkini-perkembangan-coronavirus-disease-covid-19-8-mei-2020/#.X0tjX5kxXIV
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2020. Kemendikbud Bekerja Sama dengan Operator Telekomunikasi Sukseskan Pembelajaran di Rumah. diakses pada tanggal 1 agustus 2020. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/kemendikbud-bekerja-sama-dengan-operator-telekomunikasi-sukseskan-pembelajaran-di-rumah.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2020. Kemendikbud Terbitkan Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah. Diakses pada tanggal 9 Agustus2020 https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/05/kemendikbud-terbitkan-pedoman-penyelenggaraan-belajar-dari-rumah
Kepala Badan Penanggulangan Bencara No. 13. A Tahun 2020 Tentang Perpanjangan Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana Wabah Penyakit Akibat Virus Corona di Indonesia.
Makdori, Y. 2020. Nadiem Beberkan Manfaat Belajar dari Rumah Selama Pandemi Corona. Diakses pada tanggal 9 Agustus 2020. https://www.liputan6.com/news/read/4254998/nadiem-beberkan-manfaat-belajar-dari-rumah-selama-pandemi-corona
Nurdin., dan Anhusadar, L.O. 2020. Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 5 Issue 1. Diakses pada tanggal 2 November 2020. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/699
Nurkholis. 2020. Dampak Pandemi Novel-Corona Virus Disiase (Covid-19) Terhadap Psikologi Dan Pendidikan Serta Kebijakan Pemerintah. Jurnal PGSD. Volume 6 (1) Januari –Juni 2020 128 Oktober 2020. https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JPS/article/view/1035/713
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 21 tahun 1994 Tentang Penyelenggaraan pembangunan Keluarga Sejahtera
Pohan, A.E. 2020. Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Jawa Tengah. CV Saru Untung
Prajana, A. 2017. Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Dalam Media Pembelajaran di Uin Ar-Raniry Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi. volume 1, nomor 2. Diakses pada tanggal 2 november 2020. https://jurnal.ar-raniry.ac.id
Pujiastuti, S. 3 Juli 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Pendidikan Anak. Surveymeter.org. hal 1. Diakses pada tanggal 1 januari 2020. https://surveymeter.org/id/node/568
Purwanto, A. dkk. Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Jurnal Edupsycoun.s Volume 2 No. 1 (2020), ISSN Online hlm 2716 – 4446. Diakses pada tanggal 3 Agustus 2020 https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397/223.
Putria,H. dkk. 2020. Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Volume 4 Nomor 4 Tahun 2020 Halm. 861 – 872. Diakses pada tanggal 2 Agustus 2020. http://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/460/pdf
Rini, A. dkk. Teaching From Home. Yayasan Kita Menulis
Sit, M dan Assingkily, M.S. 2020. Persepsi Guru tentang Social Distancing pada Pendidikan AUD Era New Normal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 5 Issue 2 (2021) Pages 1009-1023. Diakses pada tanggal 30 desember 2020
Suardi, Moh. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Cv Budi Utama
Subarto. 2020. Momentum Keluarga Mengembangkan Kemampuan Belajar Peserta Didik Di Tengah Wabah Pandemi Covid-19. Adalah: Buletin Hukum dan Keadilan. Vol. 4, No. 1. Diakses pada tanggal 2 November 2020. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/adalah/article/view/15383/7184
Sudarsa, Ketut, dkk. 2020. Covid-19: Persepsi Pendidikan. Yayasan Kita Bisa Menulis
Susilo, A. dkk. 2020. Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. urnal Penyakit Dalam Indonesia | Vol. 7, No. 1. Diakses pada tanggal 5 Agustus2020 https://ocw.ui.ac.id/pluginfile.php/2469/mod_resource/content/3/415-1924-1-PB.pdf.pdf.
Sutopo, E. dkk. 2020. Selaksa Rasa KBM Online. Jawa Tengah: Omera Pustaka
Tabi’in, A. 2020. Problematika Stay At Home Pada Anak Usia Dini Di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age. Diakses pada tanggal 28 Oktober 2020.http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/download/2244/1298
UNICEF. 2020. COVID-19 dan Anak-anak di Indonesia. Diakses pada tanggal 3 Agustus 2020 https://www.unicef.org/indonesia/id/laporan/covid-19-dan-anak-anak-di-indonesia.
UNICEF. 2020. COVID-19: Anak-anak di Indonesia Berisiko Mengalami Konsekuensi Jangka Panjang. Diakses pada tanggal 3 Agustus 2020 https://www.unicef.org/indonesia/id/press-releases/covid-19-anak-anak-di-indonesia-berisiko-mengalami-konsekuensi-jangka-panjang.
Wahidmurni. 2017. Pemaparan Metode Kualitatif. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Ibrahim Malang. Diakses pada tanggal 6 Agustus 2020 http://repository.uin-malang.ac.id/1984/2/1984.pdf
Wardhani, I.K. 2020. Menjaga Kesehatan Mental Anak Selama Stay At Home. Diakses pada tanggal 10 Agustus 2020 http://puspensos.kemsos.go.id/menjaga-kesehatan-mental-anak-selama-stay-at-home
WHO. 2020. Pertanyaan dan Jawaban Terkait Coronavirus. Diakses pada tanggal 9 Agustus 2020 https://www.who.int/indonesia/news/novel-coronavirus/qa-for-public
Worldometers. 2020. COVID-19 Coronavirus Pandemic. Diakses pada tanggal 2 Agustus 2020 https://www.who.int/indonesia/news/novel-coronavirus/qa-for-public
Yuliana. 2020.Corona Virus Diseases (covid-19). Jurnal Wellness and Healthy Magazine Volume 2, No.1 (2020). Diakses pada tanggal 5 Agustus 2020 https://wellness.journalpress.id/wellness/article/view/21026/pdf.
Yuliani, M., dkk. 2020. Pembelajaran Daring Untuk Pendidikan. Medan: Yayasan Kita Bisa Menulis.
Yunus, N.R., dan Annissa,R. 2020. Kebijakan Pemberlakuan Lock Down Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19. Jurnal Sosial dan Budaya Syar’i Volume 7, No. 3 (2020), pp.227-238. Diakses pada tanggal 3 Agustus 2020 http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/salam/article/view/15083/pdf.
Za, Safrizal. dkk. 2020. Pedoman Umum Menghadapi Pandemi Covid-19. Diakss pada tanggal 5 Agustus 2020 https://www.kemendagri.go.id/documents/covid-9/BUKU_PEDOMAN_COVID-19_KEMENDAGRI.pdf.
DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v3i1.3140
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara