Relevansi Pendidikan Musik Terhadap Kecerdasan Intelektual Anak Usia Dini

Winda Oktaviani

Sari


Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui relevansi pendidikan musik terhadap kecerdasan intelektual pada anak usia dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sedangkan pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan library research. Hasil penelitian membuktikan bahwa erat kaitannya antara kemahiran bermain musik dengan kecerdasan intelektual. Anak-anak yang mendapatkan program pendidikan musik, meningkat inteligensi spasialnya (kecerdasan ruang) dibandingkan dengan anak-anak yang tidak diekspos oleh musik. Bukan hanya sekedar kecerdasan spasial, musik juga meningkatkan kemampuan bahasa dan kosa kata anak serta logika yang pada akhirnya si anak mampu mengorganisasi ide dan mampu memecahkan masalah.

Kata Kunci : Musik, Kecerdasan Intelektual, Anak

Abstract:  This study aims to determine the relevance of music education to intellectual intelligence in early childhood. The method used in this research is qualitative method. While the approach in this study uses a library research approach. The results of the study prove that there is a close relationship between music playing skills and intellectual intelligence. Children who received a music education program increased their spatial intelligence (spatial intelligence) compared to children who were not exposed to music. Not only spatial intelligence, music also improves children's language and vocabulary skills as well as logic which in the end the child is able to organize ideas and be able to solve problems.

Keyword : Music, Intellectual Intelligence, Children


Kata Kunci


Musik; Kecerdasan Intelektual; Anak

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Atan Hamdju, dan Armilah Windawati. 1986. Pengetahuan Seni Musik untuk SMA, SPG dan Sederajat Jilid I. Jakarta: Mutiara Sumber Widya

AT. Mahmud. 1996. Musik Di Sekolah Kami. Jakarta: Depdikbud

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: BSNP

_________. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan(KTSP) Mata Pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan. Jakarta: Puskur.

_________. 2007. Model Penilaian Kelas (SD/MI/SDLB). Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan

_________. 2009. Panduan Teknis Festival Kompetensi dan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar Tingkat Nasional. Jakarta

Jamalus. 1991. Pendidikan Seni Musik. Jakarta: Depdikbud

Oemar Hamalik. 2006. Pendidikan Guru; Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara

Rien Safrina. 1999. Pendidikan Seni Musik. Jakarta: Debdikbud

Syafii. 2002. Kertakes. Jakarta: Universitas Terbuka




DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v3i2.3629

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara