Peran Pendidikan Anak Usia Dini Terhadap Fungsi Sosialisasi Dalam Keluarga Di Kelurahan Tadenas Kecamatan Moti
Sari
Abstrak:Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran pendidikan anak usia dini terhadap fungsi sosialisasi dalam keluarga. Jenis penelitian ini adalah deskripstif kualitatif. Subjek yang dipakai dalam penelitian ini adalah 5 orang tua. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan tahapan reduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan data. Hasil penelitian ini menujukan bahwa peran pendidikan anak usia dini terhadap fungsi sosialisasi sangat penting dikarenakan dengan adanya fungsi sosialisasi dalam keluarga sehingga orang tua dapat mengetahui fungsi agama, fungsi cinta kasih, fungsi sosial budaya, fungsi reproduksi, fungsi  ekonomi, fungsi pendidikan dan fungsi lingkungan.
Kata kunci : Peran PAUD, Sosialisasi dalam Keluarga, Anak
Abstract:Â The purpose of this study is to find out the role of early childhood education to the function of socialization in the family. This type of research is descriptive qualitative. The subjects used in this study were 5 parents. Data collection techniques using interview and observation techniques. The data is analyzed using the stages of data reduction, presenting data, and concluding the data. The results of this study show that the role of early childhood education to the function of socialization is very important because of the function of socialization in the family so that parents can know the function of religion, the function of love, socio-cultural functions, reproductive functions, economic functions, educational functions and environmental functions.
Keywords: the role of paud education, Socialization in the family, Children
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arifin A. 2017. Bimbingan Dan Konselin Anak Usia Dini. Makasar. Mitra Edukasi. Makasar.
Asef Umar Fakhruddin.2009. Pendidikan Anak Usia Dini sebagai Alas Pendidikan Jurnal Pemikiran Arternatif Kependidikan. Purwakerto.
Cintya Nurika Irma Dkk. 2019. Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 3.
Drs.L.S. Sulo La.&Prof.Dr.Umar Tirtarahardja 2015. Pengantar Pendidikan. Jakarta.: Rineka Cipta.
Ermidawati. 2011. Peran Keluarga Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Keluarga Sehat Sejahtera. Vol 9.
Eko Setiyawan.2012. Disfungsi Sosialisa Dalam Keluarga Sebagai Dampak Keberadaan Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 1 Yogyakarta
Ihromi, 2004. Disfungsi Sosialisasi Dalam Keluarga Sebagai Damapak Keberadan Pendidikan Anak Usia Dini.Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Sejarah., Hal. 30-32. Yogyakarta.
Novrinda Dkk. 2017. Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Potensial Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 2. Vol 1. Bengkulu.
Raihana. 2018. Urgensi sekolah paud untuk tumbuh kemabng anak. Jurnal pendidikan anak usia dini. Vol 1. No 1. Riau
Rina Bastian.2020. Pengaruh Sosialisasi Dalam Keluarga Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. vol 2. No. 1. Padang.
Soerjono, 2004.Pendidikan Anak Usia Dini. (Dyah Kumalasari)
Trinataliswati. Perbedaan Kemampuan Bersosialisasi Pada Anak Bersekolah Dengan Riwayat Paud Dan Tanpa Riwayat Paud. Jurnal Keperawatan. Vol 1.No 2. Malang.
DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v3i2.3630
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara