Analisis Gerak Lokomotor Dalam Permainan Tradisional dalam Permainan Hadang Kelas B1 Usia 5-6 Tahun Di PAUD Negeri Pembina 1 Kota Ternate
Sari
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gerak lokomotor dalam permainan tradisional Hadang pada siswa Kelompok B1 PAUD Negeri Pembina 1 Kota Ternate. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 4 siswa kelompok B1 di PAUD Negeri Pembina 1 kota Ternate. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan wawancara dengan 2 orang guru. Analisis data penelitian yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data dan verifikasi/kesimpulan data. Penelitian ini memiliki 1 variabel yaitu gerak lokomotor dalam permainan halangan yang di dalamnya terdapat indikator sebagai berikut: 1) berpindah tempat. 2) berlari dan 3) melompat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat gerak lokomotor dalam permainan tradisional Hadang yang dimainkan oleh siswa di PAUD Negeri Pembina 1 Kota Ternate. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan peneliti gerak lokomotor pada permainan tradisional Hadang yang dimainkan siswa di PAUD Negeri Pembina 1 Kota Ternate berkembang dengan sangat baik, hal ini dibuktikan dengan hasil observasi langsung oleh peneliti yang menunjukkan bahwa 4 siswa dapat memainkan permainan blokade dan melakukan gerakan lokomotor dengan sangat baik. Pengembangan gerak lokomotor yang baik pada anak usia dini dapat dilakukan dengan mengadakan program pengembangan permainan tradisional karena tidak hanya baik untuk anak-anak tetapi juga dapat ikut melestarikan permainan tradisional yang jarang dimainkan oleh anak-anak saat ini.
Kata kunci: Gerakan Lokomotor, Permainan Tradisional Hadang, Anak
Abstract:Â This research aims to describe locomotor motion in the traditional game of Block in Group B1 PAUD Negeri Pembina 1 Ternate City students. This type of research is qualitative research. The research subjects were 4 students of group B1 in PAUD Negeri Pembina 1 Ternate city. Data collection techniques used were observation, documentation and interviews with 2 teachers. Analysis of the research data used is a qualitative analysis technique which consists of data collection, data reduction and data verification/conclusion. This study has 1 variable, namely locomotor motion in the hitch game in which there are the following indicators: 1) changing places. 2) running and 3) jumping. The results showed that there was locomotor movement in the traditional game of Block played by students at PAUD Negeri Pembina 1 Ternate City. Based on the results of the analysis conducted by researchers of locomotor motion in the traditional game of Block played by students at PAUD Negeri Pembina 1 Ternate City is developing very well, this is evidenced by the results of direct observations by researchers who show that 4 students can play the blockade game and perform locomotor movements very well. The development of good locomotor motion in early childhood can be done by holding a traditional game development program because it is not only good for children's but can also participate in preserving traditional games that are rarely played by children today.
Keywords: Locomotor Movement, Traditional Game Of  Block, Children
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aip Syarifuddin (1996), Belajar Aktif Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, untuk Sekolah dasar kelas I sampai kelas IV, Jakarta, Penerbit PT. Gramedia.
Amung Ma’mun dan Yudha M. Saputra. (2000). Perkembangan Gerak dan Belajar Gerak. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Ardiwinata A, dkk. (2006). Kumpulan Permainan Rakyat OLAHRAGA TRADISIONAL. Jakarta
Bakhtiar, Syahrial. 2015. Merancang Pembelajaran Gerak Dasar Anak. Padang: UNP Press.
Dani Nurdiansyah. 2018 Pengaruh Permainan Tradisonal Hadang Terhadap Agilty Jurnal. Universitas STKIP Muhammaddiyah Kuningan.
Emi Supadmi. 2015 Pengembangan model permainan Gobak sodor untuk pebelajaran gerak lari pada anak kelas 1 SD 2 karang. Skripsi Universitas Negeri Semarang.
Hemawan 2018. Peningkatan Hasil Belajar Permainan Tradisional Pada Tema 3 Subtema 2 Siswa Kelas IV SDN. Skripsi. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Janari Juli. 2012. Permainan Tradisional Dalam Bentuk Karakter Anak Usia Dini jurnal vol.1. Universitas Islam Negeri Sulatn.
Meti Artika 2020. Upaya Penerapan Permainan Tradisional Dalam Menggembangkan Motorik Kasar Anak Kelas AI skripsi Universitas Islam Negeri Intan Lampung.
MS Sumantri. (2005). Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Dinas Pendidikan.
Nurhasan.(2005). Aktivitas Kebugaran. Jakarta: Depdiknas.
Partavi, S. 2013. Effect Of 7 Weeks Of Rope-Jump Training on Cardiovascular Endurance, Speed and Agility In Middle School Student Boys. Sport Science 6 (2013) 2: 40â€43
Rizali 2015. Pengaruh Latihan Hadang Terhadap Kelincahan Kecepatan Lari Jurnal Vol.1.5.no 1.
Yuliangga Nanda Hanief 2015. Membentuk Gerak Dasar Pada Siswa Melalui Permainan Tradisional Jurna vol.1 no l.
Sujiono, Bambang. 2008. Hakekat Perkembangan Motorik Halus Anak.Dalamhttp://melyloelhbox.blogspot/2013/05/hakikat-perkembangan-motorik-halus-anak.html.Diakses pada 7 April 2014.
Sumantri. 2005. Hakekat Perkembangan Motorik Halus Anak. Dalamhttp://melyloelhbox.blogspot/2013/05/hakikat-perkembangan-motorik-halus-anak.html.Diakses pada 7 April 2014 .
Yudha M. Saputra dan Rudiyanto, 2005. Pembeljaran Koperatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Anak Tk. Jakarta: DepDiknas, Dikit DirektoratP2TK2PT.
DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v3i2.3631
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara