Upaya Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Media Loose Parts

Umi Kulsum

Sari


Pembelajaran jarak jauh untuk anak usia dini hasilnya kurang optimal. Terutama kemampuan kognitif anak. Kendalanya antara lain terbatasnya media belajar di rumah. Masalah ini dapat diatasi dengan metode Media Loose Part. Media loose parts merupakan benda-benda lepasan yang ditemukan di sekitar rumah dan digunakan sebagai media permainan konstruktif. Anak dapat mengombinasi, membuat susunan, merakit, memodifikasi, dan lain sebagainya sesuai dengan keinginan dan kreativitasnya..

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media loose parts dalam meningkatkan kemampuan kognitif pada peserta didik kelompok A2 TKIT Al Madinah Nogosari selama belajar dari rumah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media loose parts dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak. Pada kemampuan awal 42,99% menjadi 62,29% dan kemudian meningkat jadi 78,08 %. Media loose parts cukup efektif membantu guru dalam memberikan inspirasi kegiatan kepada anak dan dapat mempermudah orang tua dalam mendampingi anak-anak selama pembelajaran jarak jauh.

Kata Kunci


loose Part; Media; Kemampuan Kognitif

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Aisyah, Siti. dkk. 2014. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Allen, Eillen K, Marrotz, Lynn R. 2017. Profil Perkembangan Anak, Pra Kelahiran Hingga Usia 12 Tahun. Jakarta: PT Indeks.

Arikunto, Suharsimi. 2011. Metodologi Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Damayanti, Anita. Dkk. 2020. Peningkatan Kreativitas Berkarya Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis STEAM Dengan Media Loose Parts. Jurnal Buah Hati, Vol. 7, No. 2, September 2020.

Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

https//buhrin.gurusiana.id/article/2019/10/pembelajaran –berbasis-konten-steam-dan-loose-part-1729039. Html, diunduh tanggal 28 November 2019

Latif, Mukhtar. dkk. 2013. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sanjaya, Wina. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Sudono, Anggani. 2010. Sumber Belajar dan Alat Permainan. Jakarta: Grasindo.

Tampubolon, Saur. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Yus, Anita dan Eli Tohonan Tua Pane. 2013. Teori Belajar Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.




DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v4i1.4046

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara