Analisis Perkembangan Bahasa Anak Melalui Media Pembelajaran Video Interaktif Kelompok A Di TK Al-Khairat Skep Kota Ternate Tengah

Nurhamsa Mahmud, Andi Agustan Arifin, Maryani Tomia

Sari


Abstrak:Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pelaksanaan Perkembangan Bahasa Anak Melalui Media Pembelajaran Video Interaktif Oleh Kelompok A DiTkAl-Khairat Skep Kota Ternate Tengah. Desain penelitian adalah penelitian kualitatif deskriptif, instrument yang digunakan  adalah lembar observasi untuk guru, lembar wawancara untuk guru, dan dokumentasi. Ada pun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dengan trianggulasi data. Hasil yang diperoleh adalah pelaksanaan Perkembangan Bahasa Anak Melalui Media Pembelajaran Video Interaktif memiliki tahap persiapan, tahappelaksanaan, dantahap penilaian. Hal in idapat ditunjukan dengan tahap persiapanyai tumenyiapkan RPPM (RencnaPelaksanaan Pembelajaran Mingguan), ipet, komputer,leptop, mikrofon, maus, menentukan vidio kreatif yang sudah disediakan guru dan pemberian kategori hasil kemampuan anak. Tahap pelaksanan guru memberikan simulasi sebelum belajar mengajar, guru memberikan aipet-aipet setiap peranak dan memutar vido yang sudah di tentukan, dan putaran vidio-nya guru hanya  melakukan-nya seminggu sekali. Pada tahap penilaian guru menyusun rubric penilaian dengan penilaian mingguan, dan penilaian  dalam setahun/penerimaan rapor.

Kata kunci: Pembelajaran, Video Interaktif, Bahasa Anak


Kata Kunci


Pembelajaran; Video Interaktif; Bahasa Anak

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Abdul Chaer. Sintaktis Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Agustan Abadi. 2012. Media Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.

Azhar Arsyad. 2011. Media pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Azhar Arsyad. 2006. Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Bermedia Flash Kelas VIIID SMP Negeri 1 Kedamean. Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia VOL 01. No. 1. Hal : 1- 17.

Bugin Burhan. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta PT Garuda Grafindo Persada

Cheppy Riyana. (2007). Pedoman Pengembangan Media Video . Jakarta: P3AI. UPI..

Dahlan. 2004. Media Pembelajara. Cetakan I. Bandung: Satu Nusa.

Depdiknas. 2003. Aplikasi dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: Imperial Bhakti Utama

Direktorat Pembinaan SMA. 2010. Panduan pengembangan bahan ajar berbasis TIK. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.

Dariyo, Agoies. 2007. Psikologi Perkembangan: Anak Tiga Tahun Pertama.

Daryanto. 2013. Media Pembelajaran (Perannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media

Munir. 2010. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis T I K. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Niswa Auliyah. 2012. Pengembangan Bahan Ajar Mendengarkan Berbasis Video Interaktif

Novan ardy. 2014. format paud Jogjakarta : AR-RUZZ media

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. Nomor 146 Tahun 2014. Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.

Romi Satrio Wahono. 2006. Aspek dan kriteria penilaian media pembelajaran. Diaksesdarihttp://romisatriawahono.net/2006/06/21/aspekdankriteriapenilaianmediapembelajaran/&t=Aspek%20dan%20Kriteria%20Penilaian%20Medi a%20Pembelajaran. Pada tanggal 08 Februari 2015, Jam 13.34 WIB.

Rudi Susilana dan Cheppy Riyana. 2008. Media Pembelajaran: Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian . Edisi I. Bandung: Program keahlian Kurikulum danTeknologi Pendidikan FIP-UPI

Tim Penyusun Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Wiyani, Ardy Novan. 2014. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Penerbit: Gava Media Klitren Lor GK III/15 Jokjakarta.

Yusuf LN, Syamsu. 2007. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Rosta.




DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v2i1.4273

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara