Penerapan Konsep Edutainment (Bernyanyi) Dalam Pembelajaran Mengenal Abjad Di Kelompok A Di Paud Tuan Guru Alim Kota Ternate

Bahran Taib, Bujuna Alhadad, Rahima Ilham

Sari


Abstrak: Peneliti ini dilakukkan dengan tujuan untuk Penerapan Konsep Edutainment (Bernyanyi) Dalam Pembelajaran Mengenal Abjad Pada Kelompok A Usia Dini 4-5 Tahun di PAUD Tuan Guru Alim Kota Ternate 2019/2020. Subjekif yang dipakai dalam penelitian ini adalahguru, gurudan anak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskritif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu contet analyisis dari Miles dan Huberman. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menyatakan bahwa dalam menggunakan poster huruf dalam pembelajaran mengenal abjad pada kelompok A mulai berkembang baik dalam indikator huruf besar dan huruf kecil yang mendapat kriteria bintang (***) BSH 5 anak, bintang (**) MB 3 anak, dan bintang (*) BB 1 anak,bintang (****) BSB 1 anak dan dapat menunjuk huruf dengan benar dan cepat yang mendapatkan kriteria bintang (***) BSH 5 anak, bintang (**) MB 3 anak, bintang (****) BSB 1 anak dan bintang(*) BB 1 anak. Menyebutkan dan membedakan huruf besar dan huruf kecil MB 3 anak, BSH 5 anak BSB 1 anak, BB 1 anak. Menunjuk huruf dengan benar dan cepat menggunakan media poster huruf A-Z, BB 1 anak, MB 3 anak, BSH 5 anak, BSB 1 anak, sehingga poster huruf membuat anak cepat mengenal dengan baik, tujuannya untuk mempermudahkan anak mengenal abjad dan dapat stimulasi bagi anak.

Kata kunci: Pembelajaran, Mengenal Abjad, Media Poster Huruf


Kata Kunci


Pembelajaran; Mengenal Abjad; Media Poster Huruf

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Izzaty, Rika Eka dkk. 2008. Perkembangan Peserta Didik. (Yogyakarta: Uni Press).

Rasyid,Harun dkk. 2009, Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. (Yogyakarta: Multi Pressindo).

Seefeld, Carol dan Wasik Barbara A. 2008. Pendidikan Anak Usia Dini: Menyiapkan Anak Usia Tiga, Empat, dan Lima T ahun Masuk Sekolah. (Penterjemah: Pius Nasar). Jakarta: PT Indeks.

First language acguistion: 2006: 22 The Agument, The Language Acquisition Device (2006) chttp: // perso. Clubnternet. Fr/ tmuson/ web pages lang teach/ licence/ cm/ oldlentures/ introduction. htm

Sujiono, Yuliana Nurani, dkk. 2014. Metode pengembangan kognitif. Jakarta: Universitas terbuka.

Santoso, S. 2017. Analyis of Social and Emotional Development of Orphaned Youth in terms of Selft Concept and Resilience: Study at Child Care Childrens Home (PSAA) Tunas Bangsa Pati. GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling, 7(1), 87-93.




DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v2i1.4275

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara