Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Melalui Media Flash Card Pada Kelompok B Di PAUD Terpadu Alkhairaat Skeep Kota Ternate
Sari
Abstrak: Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui penguasaan kosa kata bahasa Inggris anak pada kelompok B usia 5-6 tahun di PAUD Terpadu Alkhairaat Skeep Kota Ternate 2018/2019. Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah guru dan kepala sekolah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu content analysis dari Miles dan Huberman. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini tentang penguasaan kosa kata bahasa Inggris anak melalui media flash card pada kelompok B1, B2 dan B3 di PAUD Terpadu Alkhairaat Skeep Kota Ternate bahwa penguasaan kosa kata bahasa inggris anak melalui media flash card cukup baik yang diajarkan dengan menunjukan gambar yang berisi kosa kata bahasa Inggris didalamnya, menebak gambar yang ada pada flash card dan menyebutkan satu persatu gambar yang ditunjukan guru didepan menggunakan bahasa indonesia dan bahasa Inggris, serta percakapan antara guru dan anak menggunakan kalimat-kalimat sederhana dalam bahasa Inggris. Selain itu, guru mengajarkan bunyi bacaan yang baik dan benar dalam bahasa inggris dan mengenalkan anak huruf abjad dalam bahasa Inggris agar anak lebih mudah menguasai kosa kata bahasa Inggris dengan memulai dari bagian awal bahasa Inggris.
Â
Kata kunci: Kosa Kata, Media Flash Card (Kartu Bergambar), Anak
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
DAFTAR PUSTAKA
Depdiknas. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 Ayat 4.
Permendikbud. Nomor 137 Tahun 2014, Standar Tingkat Pencapaian Aspek Perkembanga Anak.
Suhartono. (2005: 20). Pengertian keterampilan berbahasa anak usia dini. Jakarta: Diknas.
Aulia. 2011: 12. Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Yogyakarta: Intan Media.
Musfiroh Tadzkiroatun. 2008. Memilih, Menyusun dan Menyajikan Cerita untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Suhartono. 2005. Perolehan Bahasa Anak Usia Dini: Jakarta: Depdiknas.
Cameron Kim S. 2006. Prinsip-Prinsip Pengajaran Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini. Jossey-Bass.
Purwanto. 2013. Pentingnya Pengenalan Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Chomsky. 2002. Language adn Problem of Knowledge. London: The MIT Press
Matondang. 2013. Strategi Pembelajaran Pada Anak Usia Dini. Medan: Unimed Press.
Smaldino dalam Anitah. 2009. Media Pembelajaran. Surakarta: LPP UNS Press.
Ikmala Yunita Lestari. 2014. Peningkatan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Melalui Media Flash Card Pada Anak.
Tuti Ernawati. 2014. Upaya Meningkatkan Bahasa Inggris Anak Melalui Media Flash Card Pada Anak.
Mulyasa. 2013. Instrumen Penelitian. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto Suharsimi. 2007. Metodologi penelitian kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Miles dan Huberman. 2009. Pendekatan analisis penelitian kualitatif. Jakarta: UI-Press.
Prof. Dr. Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif: Bandung: Alfabeta
DOI: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v2i1.4277
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Program Studi PGPAUD FKIP Universitas Khairun, Kampus I Jln. Bandara Babullah Ternate Maluku Utara